Saturday, November 1, 2014

Doesn't Need A Reason To Love


Kalo ada yang mikir tulisan dibawah ini sedikit feminim buat cowo berarti otak lu normal.
Tapi semua tulisan ini gue dapet dari cerita teman-temen gue tentang kisah cinta mereka(ada cinta gue juga) dan gue tulis menurut sudut pandang gue sendiri.
INGET, INI BUKAN CURHAT !

Apa lu pernah berpikir kalo semua cinta itu selalu masuk akal dan semua cinta itu bisa berjalan karena ada alasannya? Alasan tentang kenapa lu mau jalanin hubungan? Kenapa lo mau sama dia dan bukannya orang lain? Dan kenapa lo harus berkorban sedemikian rupa, kalo pada akhirnya saat putus lu bisa dapet orang lain(yang mungkin lebih baik)?

Gue pernah nulis dipostingan blog gue 2 tahun lalu tentang
“kenapa seseorang rela sakiti demi sebuah hubungan?” 

“kenapa seseorang masih mau bertahan jalanin hubungan setelah semua yang udah pacarnya lakuin ke dia(mengecewakan)?”

Gue mikir itu bener-bener gak masuk akal. Kenapa orang yang udah disakiti masih tetep mau bertahan? Kenapa ada orang yang sebodoh itu buat mertahanin dan ngorbanin perasaan mereka sendiri demi orang lain?

Dan kalo emang itu yang namanya cinta, trus cintanya dimana? kalo tiap hari yang ada cuman ribut, ngecewain, ribut, ngecewain.. bukannya cinta itu nyata? kalo dia sayang dia bisa dibuktiin itu dan bukannya malah nyakitin.
Dan gue juga pernah berpikir kalo hubungan udah rusak dan harus selesai maka selesaikan(putus).

Menurut gue cinta memang harusnya begitu, Jelas dan masuk akal. kalo hubungan udah gak masuk akal ya artinya hubungan itu gagal.
Saat kita jalanin hubungan dan hubungan itu udah mulai kacau saat itu juga lu harus berpikir

“apa harus selesai aja?”

“apa ini udah gagal?”

“apa semuanya udah gak bisa perbaiki lagi?”

Jadi gue ngrasa semua itu ya normal-normal aja saat ada hubungan yang kacau dan akhirnya putus.
saat gue SMA gue mikir cinta itu bener-bener gampang.
“jalanin kalo itu nyaman dan tinggalkan saat lu ngrasa semua udah mulai kacau”.

Tapi nyatanya banyak temen-temen gue yang bilang kalo hubungan mereka gak baik-baik aja dan sebenernya mereka udah cape buat jalanin itu. Tapi saat gue tanya 
“kenapa gak selesai aja(putus)?” jawabannya adalah 

“karna gue sayang sama dia”

Dan mungkin itu juga yang gue rasain saat ini. gue jalanin hubungan yang sebenernya nggak baik-baik aja(sedikit keluar dari harapan). Tapi nyatanya hubungan ini masih berjalan sampe sekarang.

Semua itu bertentangan sama pemikiran gue waktu SMA yang nganggap cinta itu gampang dan simple.

Contoh dari gue sendiri. Gue gak pernah mau jalanin LDR. Gue juga gak pernah nyaman jalanin hubungan aneh ini. Saat kita cuman bisa ngobrol di sms atau telfon dan kita cuman ngomongin tentang seberapa kangen kita satu sama lain setiap hari, tanpa pernah ketemu. Dan itu bener-bener gak masuk akal.

Tapi kenapa gue masih jalanin hubungan ini?. Gue ngrasa aneh, pertanyaannya adalah
“kenapa gue mau?”

“kenapa gak seharusnya gue putusin dan cari orang lain aja? Bukannya ini hubungan udah kacau?”

Ngrasa konyol aja karna semua ternyata gak semudah dan sesimple kaya yang gue bayangin waktu SMA “kalo semua udah kacau, ya putus”.

Saat ini gue jalanin hubungan dimana semuanya udah terlihat kacau dan gak sejalan sama apa yang gue harepin. Mungkin orang akan bilang kalo gue jilat ludah gue sendiri, tapi ya udahlah mungkin itu faktanya. Tapi yang gue pikirin bukan tentang itu.. gue bingung “kenapa gue mau jalanin sesuatu yang sebenernya gue nggak mau?”

Banyak temen gue yang cerita tentang hubungan mereka, banyak yang bilang kalo dia pengen cowonya begini pengen cowonya begitu(karna mereka ngrasa ada yang gak nyaman dari sikap cowonya) tapi akhirnya si cowo gak pernah bisa ngrubah sikapnya seperti apa yang cewenya mau. Tapi anehnya.. kenapa hubungan masih tetep jalan(padahal si cowo gak bisa menuhin harapan cewenya)?.

Dari situ gue mulai paham..

Kalo pertanyaan seperti
“kenapa gue masih mau jalanin hubungan yang udah kacau?”

Itu sama rasanya saat lu ditanya
“kenapa lu sayang sama seseorang?” atau

“kenapa lu cinta sama dia?”

Lu gak pernah bisa jelasin itu.

ITU BUAT GUE BERPIKIR kalo pada dasarnya cinta itu memang gak butuh alasan. Alasan tentang “kenapa lo sayang sayang sama dia?” “kenapa lu cinta sama dia”. Cinta itu emang simpel, dia sayang lu dan lu sayang  dia. Cinta itu apa adanya, lu jalanin karena lu nyaman(walaupun gak selamanya nyaman) dan lo(berdua) mau usahain hubungan itu bersama saat hubungan itu lagi gak baik-baik aja.
Cinta itu saat dimana lu gak pernah mau kehilangan seseorang yang lu sayang.
Saat lu mau bekorban, rela buat gak tidur demi nungguin sms dari orang yang lu sayang. Dan walupun itu aneh.. tapi itu bener-bener terjadi tanpa lo sadari.

Cinta itu saat lu bisa bilang
“aku rela jadi orang bodoh, aku rela berkorban buat hubungan ini, aku rela usahain ini semua ini, bahkan aku rela sakit. Asal itu sama kamu”

Karna kalo memang dia itu cinta.. dia gak akan pernah membuat lo jadi orang bodoh, dia gak akan pernah tega ngliat lo trus-trusan berkorban tanpa hasil, dia gak akan pernah mau ngliat lo usaha sendirian, dan dia gak akan pernah nyakitin lu.

Cinta bukan masalah seberapa sempurnanya dia buat kita, tapi ini tentang  gimana kita jalanin hubungan itu sendiri. Kalo cinta maka dia akan sempurna buat kita.
Cinta emang masuk akal, tapi cinta juga butuh diperjuangin. Semua cinta gak akan pernah berjalan dengan lancar seterusnya dan saat ketidaklancaran itu dateng disitulah gunanya ada kata ‘Kita’.

Tapi.. kita juga boleh memperjuangkan sesuatu yang gak pernah ada hasilnya. karna ada saatnya lu berjuang dan ada saatnya juga lu bisa menikmati hasil perjuangan lu. Ini sama seperti orang yang jalanin LDR.. gak mungkin dia akan trus jauh-jauhan sampe mati tanpa pernah ketemu.

Penting buat kita tau
“apa perjuangan yang gue lakuin saat ini akan ada hasilnya di masa depan?”


Cinta itu gak bodoh karena dia diperjuangkan untuk sebuah hasil, bukan di perjuangkan cuman buat disakitin.

Saturday, October 11, 2014

Mantan




Mantan. . .
Mantan adalah sebuah kata yang  saat kita denger itu rasanya pengen nangis, bahkan pengen muntah karna sangking jijiknya. Mantan adalah sumber dari segala sumber.. sumber dari  kegalauan, kebencian dan sumber dari keserbasalahan. Semua hal yang berkaitan sama mantan emang kadang susah buat dilupain. Ingatan tentang mantan itu kaya semacam virus di komputer, kita pengen hapus tapi gak tau gimana caranya. kita akan ingat semua kenangan itu trus-menerus.. semua kejadian yang kita pernah lakuin sama mantan dimasa lalu, dan itu bener-bener mengganggu.

Setiap detail kejadian yang kalo dikenang itu kaya film Bollywood waktu Syahrul Khan kejar-kejaran sama cewenya sambil nyanyi
“Bole chudiyan, bole kangna
Le jaa le jaa, dil le jaa le jaa

Indah bangeet....

Kenangan yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dan saat semua ingatan itu datang.. itu akan jadi kaya film yang di puter secara slow motion di dalam kepala.
 
*flashback*
Waktu lo diajak jalan berdua(sama mantan), diajak makan di McDonald.. duduk hadap-hadapan(padahal cuman pesen air putih sama beefburger), dia natap mata lo dalem-dalem, dia pegang tangan lo dan bilang

“aku sayang banget sama kamu”

“iih, kamu gombal dech..” jawab cewenya malu sambil goyang-goyangin kepalanya kaya kena stroke

“nggak sayang. Aku gak gombal” jawab cowonya sambil megang tangan cewenya makin erat... makin erat.

“aaa! Sayaang sakit! Aaa! Sakit banget bego! Lepasiin!” cewenya triak

“eh ya maap maap sayang.. aku gak sengaja”

Buat orang yang susah buat move on. Semua kenangan itu kaya sebuah cipokan di leher, yang membekas tanpa bisa dihapus dan terasa bener-bener menyakitkan Jlebb! sekali banget.
Orang yang susah move on hal apapun itu akan jadi serba Mantan. apa-apa mantan, dikit-dikit mantan. Misal saat kita lagi nongkrong di sebuah tempat makan sama temen. dan dulu kita pernah makan disitu sama mantan. pasti kita akan bilang(atau ngomong dalam hati)

“dulu gue sama dia pernah makan disini.. *trus akhirnya galau keinget masa lalu*”

Bahkan buat level yang lebih ekstrem, orang yang gagal move on biasanya sering membandingkan pacar barunya sama mantannya yang dulu. Dan menurut gue itu bener-bener pikiran yang gak sehat. Saat kita lagi ngobrol berdua sama pacar kita(yang baru), dan ada satu hal aja yang mirip dari pacar kita(yang baru) sama mantan yang dulu, kita akan bilang dalam hati
“kamu kaya mantan aku ya, enak diajak ngobrol” atau
“kamu kaya mantan aku ya.. suka bercanda”
Bahkan kalo lagi ribut, masih sempet-sempetnya inget sama mantan..
Cewe “kamu egois!”
Cewe “alaaah! Dasar titit kamu!”
Cowo “apa?!! Titit?? Kamu mau titit? Oooohh.. jadi selama ini kita pacaran kamu cuman mau titit? Kamu emang jahat. Kamu sama aja kaya mantan aku!”

Mantan akan trus meracuni pikiran kita kalo kita gak pernah bisa move on. Saat ada orang yang baru putus dan mau nyari pacar baru. Orang itu akan punya prinsip “cari orang yang gak mirip sama mantannya” Dan ini beneran terjadi.. aneh.

Mantan jadi semacam trauma psikologis buat orang yang gak bisa move on. Trauma-trauma kaya gini biasanya terjadi sama orang yang waktu putus gak pake cara baik-baik, misal putus karna cowonya selingkuh, tititnya kecil atau diputusin secara sepihak

“say.. kamu udah beda” cewenya ngomong serius

“beda gimana say?” cowonya bingung

“kamu itu udah beda!” jawab si cewe pake nada tinggi

“ya tapi beda gimana?” cowonya makin bingung

“kita putus!” si cewe berdiri sambil mlototin mata cowonya

“hah! Putus? t-t-tapi saaaayy...” si cowo mulai bego

“pokoknya kita putus! jelas?!” cewenya sewot *gebrak meja*

“Tapi aku kan butuh penjelasan” cowonya ngeyel

“penjelasan apa lagi?!! Semua udah jelas. Intinya sekarang kita putus. Paham?” jawab si cewe sambil mlotot dan deketin mukanya ke cowonya

“iya iya.. putus. Ampuun say.. ampuun.. iya putus” cowonya pasrah

Mantan-mantan yang seperti itu yang buat kita trauma buat nyari pacar baru. Dan kita akan jadi paranoid kronis tingkat dewa, saat kita lagi deket sama orang yang mirip sama mantan dan temen kita bilang
“eh pacarin aja.. dia ganteng ko”

Kita akan jawab
“gak ah.. dia kaya mantan gue, mukanya mirip. Pasti jahatnya juga sama”

Emang gak masuk akal tapi gak sedikit juga yang kaya gitu. Kadang semakin sakit putusnya semakin trauma dan semakin susah juga orang itu buat menemuin cinta yang baru(terutama buat cewe).
gue gak begitu paham gimana sifat dasar cewe, tapi buat gue saat cewe udah ngrasain yang namanya “Cinta Banget” dan dia ngasih semua ke cowonya(perasaan dia, cinta, sayang dll. bukan tubuh! Pikiran lu ngeres aja.. heran gue).
Saat cewe udah ngasih semua perasaan dia tapi cowonya malah ngecewain atau mutusin dia dengan cara yang gak baik-baik. itu akan jadi pukulan keras yang akan ngrubah cara berpikir cewe itu buat kedepannya. Mungkin cewe yang belum pernah dikecewain dia akan bilang
“gue cinta.. ya gue kasih semuanya(cinta, kepercayaan dll)”

Tapi buat cewe yang udah Hatam, udah wisuda sama yang namanya “kecewa”, “disakitin”, dan “dibohongin” sama cowo. dia akan merubah cara pandang dia tentang cinta dia akan sedikit menganggap kalo pacaran itu gak ada gunanya sama sekali(karna dia pikir cinta itu cuman nyakitin). dia akan merubah cara berpikirnya dari
“kalo gue cinta.. ya gue kasih semuanya(cinta, kepercayaan dll)”
menjadi
“kalo cinta ya jangan cinta-cinta banget nanti jatuhnya sakit”

Pertanyaannya.. kenapa mantan bisa sebegitu ngrusak pikiran kita? Sampe kita bisa ngrubah cara pandang kita tentang hubungan.
Ya mungkin kita akan bilang
“bukannya begitu.. cuman biar lebih hati-hati aja kalo jalanin hubungan”

Tapi masalahnya siapa yang jadi korban nantinya? PACAR LO YANG BARU! Dengan semua perubahan(pikiran) itu yang seharusnya dia(pacar kita yang baru) bisa dapet kepercayaan dan cinta yang sepenuhnya, tapi dia malah cuman dapet cinta yang nanggung. karna kita terlalu hati-hati jalanin hubungan yang akhirnya buat hubungan itu jadi gak jelas(mau serius apa mau hati-hati trus-trusan).
Menurut gue kalo memang hubungan itu mau serius ya jalanin dan kasih semuanya ke orang yang kita sayang(bukan badan, inget!.. pikiran dijaga pikiraaan).

Gak seharusnya kita jadi gila dan pura-pura waras setelah kita putus sama orang yang kita sayang(mantan). Dan kalo kita bilang “gak pernah enak yang namanya ngomongin mantan” mungkin itu karna kita belum bisa move on, tapi kita gak pernah mengakui itu(karna kita benci). Pada dasarnya kita cuman bisa lupa karna kita gak nginget, bukan lupa karna kita nglupain.

Mantan itu gak pernah bisa dilupain. dia pernah jadi orang yang luar biasa dan itu bukan cuman 1 atau 2 hari. Kita mungkin bisa pura-pura lupa dan kliatan baik baik aja didepan orang lain. Tapi saat ada orang yang nyinggung tentang mantan, kita akan sedikit tersinggung dan ngrasa gak nyaman.

“kenapa sih harus ngomongin dia?”
“kenapa sih harus inget-inget dia lagi?”

Itu aneh.. karna kita gak akan pernah lupa(sama mantan) dengan cara semacam itu(diem dan pura-pura lupa). Mungkin kita akan kliatan baik-baik aja dari luar tapi sebenarnya kita udah gila karna gagal move on. Kita berusaha buat lupa dengan cara membenci, dan gak pernah membicarakannya lagi. Tapi nyatanya itu gak ngrubah apa-apa, karna suatu saat kita pasti akan ditanya sama orang lain atau membicarakan tentang masa lalu kita(sama mantan). Kita gak akan pernah bisa lari dari semua ingatan itu.

Mungkin kita menganggap “kalo mantan itu pelajaran buat kedepan. Biar gak kaya gagal lagi”
Tapi nyatanya kita gak pernah mau belajar, kita lebih sering nyari cara gimana MELUPAKAN dari pada nyari cara biar kita bisa lebih baik kedepannya(dengan cinta yang baru) dan belajar dari pengalaman cinta yang lama.

Jadi inti dari semua itu adalah kita gak bisa nglupain yang namanya mantan. Kita cuman bisa menyingkarkan ingatan tentang dia dengan cara mencari CINTA YANG BARU. Karna kita gak pernah bisa move on dengan cara diam dan berusaha lupa.
Kita harus mau nglakuin hal yang lebih baik dari pada harus trus menangisi atau menggalau tanpa henti. Kita perlu move on dan memulai cinta yang baru(cepat atau lambat). Cinta yang yang bisa buat kita gak pernah inget apa itu mantan, Cinta yang baru yang bisa buat kita ngasih semua perasaan kita ke dia sama seperti saat kita ngasih semua perasaan ke mantan kita yang dulu, cinta yang membuat kita bisa kembali berpikir positif tentang sebuah hubungan dan berpikir kalo cinta itu gak selamanya nyakitin.


*Makasih buat beberapa orang temen gue yang gagal move on dan mau cerita ke gue waktu SMA, youre inspiration for this blog :)

Friday, October 3, 2014

Cinta Diam-Diam


Pernah suatu saat gue sayang sama seorang cewe. cewe yang cantik(senggaknya menurut gue),  cewe yang punya senyuman manis luar biasa, cewe yang buat gue ngrasa ada yang spesial saat gue deket sama dia. Cewe yang bisa buat gue ngrasa canggung dan grogi saat gue ngobrol sama dia dan mungkin itulah yang dinamakan cinta. Gue gak pernah mau jujur sama dia, gue gak pernah mau ngungkapin apa yang sebenernya gue rasain dan apa yang gue mau dari perasaan gue ini.
Hal yang bisa gue lakuin saat itu adalah... Cuman berharap. Ya berharap, berharap kalo dia tau apa yang gue rasain, berharap dia paham apa yang gue simpen dari dia, dan berharap dia bisa bales perasaan gue. Tapi nyatanya? gak pernah.

Gue mau nulis tentang itu karna gue yakin hampir semua orang didunia ini pernah ngrasain perasaan yang sama kaya yang gue rasain, saat ini. Perasaan dimana kita sayang seseorang tapi kita gak pernah mau ngungkapin, perasaan dimana kita cuman bisa berharap tanpa berani nglakuin apapun.
perasaan yang biasa orang bilang...

CINTA DIAM-DIAM

Satu hal yang gue tau dari Cinta, ‘Bisa di rasain tapi susah buat diungkapin, apalagi buat cintanya diam-diam. cinta kaya gini sering banget dirasain sama anak remaja jaman sekarang. apalagi buat anak SMA. Anak SMA yang gk pernah ngrasain cinta diam-diam itu ibarat boker tapi gak cebok, rasanya gak lengkap. Naksir temen satu kelas, kakak kelas atau bahkan naksir sama pacar temen sendiri(yang pada akhirnya ditikung) dan membuat keduanya saling bermusuhan sampe lulus pasti pernah terjadi dijaman SMA.

Cinta diam-diam itu perasaan dimana kita suka sama seseorang tapi orang itu gak pernah tau kalo kita nyimpen perasaan ke dia dan kita juga gak pernah mau ngasih tau(karna malu atau ngrasa kalo orang yang kita suka itu levelnya terlalu tinggi). Cinta diam-diam buat kita jadi ngrasa dikurung di dalam pernjara yang namanya “jaga image”. Lebih parah lagi kalo orang yang lo suka itu temen satu sekolah atau bahkan satu kelas. Namanya tampil perfect setiap hari udah jadi hal wajib. Lo biasanya jadi lebih mau tampil cool(walaupun jatuhnya maksa) dan lebih mau ngerjain soal-soal yang dikasih sama guru. Lo berharap dengan itu lo bisa dapet perhatian dari orang yang lo suka, biar dibilang
“waah.. kamu keren ya. Pinter bisa ngerjain tugas”

Tapi kadang kenyataan itu emang kaya HP china, bagus kliatannya tapi jelek kalo di pake. Biasanya semua usaha yang lo udah lakuin itu gak bisa narik perhatian dia sama sekali. Cinta diam-diam itu ibarat biji yang di tanam di padang arafah. bijinya mau tumbuh tapi tanahnya gak pernah mau ngasih air. Kaya cinta, udah di modusin berkali-kali, di speak sana sini, udah tampil maksimal tiap hari, tapi orang yang kita suka tetep gak pernah nganggep.

 Kata Mario Teguh
“Kalo kamu cinta ya ungkapin”

Tapi rasanya itu terlalu berat buat orang yang belum berpengalaman masalah cinta-cintaan. orang yang ngobrol sama cewe aja bisa kringetan, gimana bisa nembak?. Karena emang nembak itu gak gampang, butuh sebuah keberanian buat megang tangan seorang cewe, natap matanya dalem-dalem dan bilang

“aku udah lama suka sama kamu, mau gak kamu jadi pacar aku?”

Lidah seakan beku, sendi-sendi terasa kaku dan dengkul terasa kopong sebelum kita sempet ngomong dan ngungkapin perasaan kita(padahal sebelumnya udah gladi resik berkali-kali).

Begitu juga saat kita cuman pengen sekedar ngobrol. Orang yang kita suka lewat di depan mata saat pulang sekolah

Lu akan berpikir
“asik nih.. bentar lagi dia lewat sini. sapa ah”

Tapi saat orang yang lo suka lewat depan kelas, apa yang terjadi? Lo jadi orang bego! Lu cuman bisa ngasih senyum yang gak jelas, gak bisa ngomong apa-apa karna lidah lo udah terlanjur kesleo sebelum ngomong dan saat orang yang kita suka udah menjauh kita baru bilang

“kampret seharusnya tadi gue bilang Hay..”

Cinta diam-diam buat kita jadi orang yang selalu salah tingkah dan bingung harus gimana. Mau nembak takut ditolak(atau bahkan gak dikenali sama sekali), gak nembak hatinya kebelet pengen ngungkapin.
Cinta diam-diam itu sakit, karna kita gak pernah bisa ngungkapin rasa sayang kita ke orang yang kita suka. Bagi orang yang cintanya jelas(udah jadian) mah gampang-gampang aja. Pengen pacaran tinggal ajakin jalan, pengen pacaran tinggal ajakin makan(berdua), pengen pacaran tinggal ajakin ke kamar...................(mau belajar bareng! Pikiran dijaga).

Tapi buat yang cintanya diam-diam.. mau ngungkapin pake cara apa? Paling kita cuman bisa ngliatin orang yang kita suka dari kejauhan dan kalo dia gak sengaja ngliatin kita, kita bakalan pura-pura gak liat.

Kita gak bisa berbuat apa-apa buat cinta kita, dan itu karna kita sendiri yang memang gak berani buat ngungkapin(salah sendiri). Kita cuman bisa membayangkan dan trus membayangkan. Cinta diam-diam buat kita jadi manusia paling imajinatif didunia. kita sering senyum-senyum sendiri(kalo lagi menghayal pacaran sama dia), marah-marah sendiri(kalo liat dia lagi deket sama orang lain) dan kalo mau tidur kita sering nglamun sambil meluk bantal guling dan bilang dalam hati

“seandainya dia itu pacar gue, pastiiii..... *lalu tiba-tiba lo bayangin lo jadi Syahrul Khan, dan nari-nari di sebuah taman sama cewe yang lo suka*”

“aaah.. pasti indah banget”

Dan kalo cintanya udah mentok di kamar tidur hal yang paling rasional yang akan kita lakuin adalah UPDATE STATUS dan berharap kalo orang yang kita suka bakalan baca dan paham sama perasaan kita

update
“kapan ya kamu tau perasaan aku?”

Lalu 5 menit kemudian update lagi
“kenapa kamu sejahat itu sama aku?”

Lalu 5 menit kemudian update lagi
“peka dooooonggg...”

Lalu 5 menit kemudian update lagi
“taulah bt”

Lalu 5 menit kemudian mau update lagi tapi ketiduran.

Dan trus begitu setiap hari.

Padahal kita tau kalo dia itu bukan siapa-siapa(bukan pacar). dan kita paling cuman bisa bilang

“seharusnya dia tau”

Tapi kita gak pernah melakukan apapun biar dia tau(perasaan kita), karna kita cuman ngasih kode-kode dan modus-modus gak jelas tanpa pernah ngomong langsung.
Kita mikir kalo semua orang itu punya kadar kepekaan yang sama. Tapi kenyataannya gak gitu, karena banyak juga orang yang udah di kodein berkali-kali, di speak sana sini tapi tetep gak pernah paham. Mungkin karena IQnya rendah atau mungkin emang pura-pura gak paham.

“kamu udah punya pacar belum?”

“belum.. kenapa emang?”

“aku juga belum loh J hehe”

“oh. Berarti samaan dong :D”

“iya samaan.. hehe”

“iya. hehe”

Trus TAMAT karna gak tau harus ngasih kode gimana lagi.

Maka dari itu penting buat kita belajar gimana cara ngungkapin perasaan ke orang yang kita suka dari pada harus jalanin cinta diam-diam sampe lulus atau sampe dia jadian sama orang lain atau bahkan sampe mati dan lu mati sebagai jomblo. Di kuburan lu akan ditanyain Malaikat

“eh lu jomblo ya?”

“iya bro.. ko tau?”

“iya.. baunya beda”



Maka dari itu kita harus belajar gimana cara ngungkapin perasaan. Dari mulai PDKT, deketin, ngajak jalan, sampe akhirnya nembak.
Tapi inget.. cinta juga gak boleh dipaksa. Kita gak harus ngemis atau nembak berkali-kali(dan ngrusak harga diri kita sendiri) demi dapetin orang yang kita suka.

Contoh:
Cowo “eh aku udah lama suka sama kamu, mau gak kamu jadi pacar aku?”

Cewe “maaf.. tapi aku mau fokus buat sekolah dulu. Maaf yaa”

Dan cowo yang harga dirinya terlalu murah, yang dituker sama permen aja masih ada kembaliannya akan jawab

“laaah ko gitu L , mau deh ya.. aku udah cinta banget sama kamu soalnya”

Cewe “tapi aku gak bisa.. maaf”

*dan setelah lulus sekolah*

Cowo “gimana? Udah mau jadi pacar aku belum?”

Cewe “maaf.. tapi aku mau fokus kuliah dulu”

Cowo “ko gitu? katanya habis lulus mau pacaran?”

Cewe “iya tapi bapak aku gak ngijinin aku pacaran dulu”

*dan setelah lulus kuliah*

Cowo “gimana? Mau gak kamu jadi pacar aku?”

Cewe “maaf.. aku udah dijodohin sama bapak aku”

*lalu 2 hari kemudian*

Cowo “MOHON MAAF YA.. BARANG KALI YANG PUNYA HP INI PUNYA BANYAK SALAH SAMA KALIAN. DIA MENINGGAL KEMARIN KARNA MINUM BAYGON KEBANYAKAN. SEMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA DI SISI ALLAH SWT. AMIN(yang sms adiknya)”

Cinta itu gak asal suka dan kita langsung nembak gitu aja.
kita emang harus ngungkapin perasaan kita ke orang yang kita suka tapi kita juga harus punya batas-batas harga diri. kita harus tau apa sekiranya dia mau atau nggak(kalo di tembak).
Disinilah pentingnya PDKT dan deket sebelum nembak. PDKT itu penting karna dengan PDKT seseorang akan lebih mengenal satu sama lain(walaupun kadang PDKT itu isinya bohong semua). Tapi dengan PDKT senggaknya orang yang akan kita tembak gak akan kerasa kaya ketiban duren(kaget). “ini orang gak tau apa-apa ko tau-tau nyatain cinta”

Mungkin dari semua itu kita bisa menyimpulkan kalo cinta diam-diam itu emang gak pernah ada indahnya. Karna gak ada yang bisa kita ungkapin dari perasaan kita ke orang yang kita suka, kita cuman diam di tempat dan galau berkepanjangan karna cinta kita gak pernah direspon.

Tapi menurut gue cinta itu sebenernya gak perlu di disembunyiin atau ditutupin juga karena gak ada salahnya kalo kita sayang atau cinta sama seseorang. Saat kita suka sama seseorang selama cinta itu tujuannya baik(bukan karna nafsu) ya kenapa gak?
Saat kita sayang sama seseorang dan kita cuman bisa diem ngrasain itu, mungkin suatu saat kita bakalan nyesel karna dia udah jadi milik orang lain dan kita gak akan pernah punya kesempatan yang sama buat nembak dia(seperti saat dia masih jomblo).

Mungkin lebih baik kita ngrasain sakit karna ditolak sekarang dan semuanya selesai dengan jelas dari pada kita sakit karna harus ngliat orang yang kita sayang jalan sama orang lain dan kita gak pernah tau kejelasan dari perasaan kita ke dia.

“kalo dulu gue tembak pasti dia mau..”

“kalo dulu gue ngomong.. pasti dia gak akan kaya gini(pacaran sama orang lain)”

“kalo duluu... kalo duluu... kalo duluu...”

Ya memang cinta gak selamanya sukses(nembak langsung diterima). Tapi apa salahkan kita usahakan? kita gak akan pernah tau jawaban dari perasaan kita kalo kita cuman diam dan berharap, tanpa pernah melakukan apapun.