Monday, September 22, 2014

You Know Upin Ipin?


5 September 2014

Jadi anak kos itu ada enaknya juga loh, yaitu... kita bisa Bebas. Bebas mau ngapain juga terserah. Mau boker sambil koprol ke biar EEnya nyiprat kemana-mana? boleh.. bebas! hehe


Tapi bukan itu yang gue maksud disini. bebas yang gue maksud itu bebas kalo kita bisa main sama siapa aja, mau keluar dan pulang kapapun kita mau(kalo kosnya bolehin), dan terserah juga kita mau main kemana. Pokoknya di kos-kosan semuanya itu TERSERAH! Gue aja pernah gak mandi 2 hari.. bau? Tapi itu kan terserah gue. Suka-suka, kan bebas.

Tapi di perantauan(dibaca: Kos) kaya gini ada banyak juga gak enaknya. Salah satunya pergaulan. Kita bisa jadi orang paling sukses, bisa juga jadi orang paling ancur di dunia dan akhirat. Di kos semua itu tergantung dari diri kita masing-masing. Gimana cara kita buat milih temen, karna seenggaknya kalo temennya baik itu bisa buat kita sedikit terhindar dari yang namanya pergaulan bebas, contoh: Ajeb-ajeb di diskotik, ecepenyah seenaknya(dibaca: Bercinta), atau ngrokok sambil boker trus putung rokoknya di cemplungin di lubang WC(alhasil yang boker selanjutnya akan jadi korban. nyiramnya jadi susah). keuntungan lainnya kalo kita punya temen yang baik kita bisa nyontek kalo belum ngerjain tugas (tetep)

Tapi serius.. selama beberapa minggu di Jogja ini gue udah dapet beberapa pengalaman. Dari mulai belajar ngobrol sama bule(karna disini banyak bule), sampe ketemu orang-orang dari seluruh penjuru di Indonesia (tanpa harus travelling).
           
Pernah kemarin gue lagi nyari ATM(karna uang buat makan udah habis) dan di tengah jalan gue ketemu sama 3 orang yang lagi ribut ngomongin sesuatu(catatan: 1 tukang becak, 2 orang bule. Orang bulenya punya tato banyak banget tapi mukanya kaya homo). Gue sih gak peduli.. jalan aja trus pantang mundur.
Tapi tau- tau si bule bilang

“Hey Brother.. can you help me?”

*Mlongo*.. mulut nganga trus nanya
“haah? What?(waktu itu lagi gak konsen, ditambah lagi si bule ngomongnya agak gak jelas, mulutnya bau miras. mungkin dia kebanyakan minum mastin)”

“you can speak english?”

“eee.. yes little-little”

Dalam hati sih wesss.. beneran nih ada orang bule. Buat apa kan belajar B.Inggris 12 tahun tapi gak pernah di praktekin.

Trus si bule bilang lagi
“please help me.. *sambil nunjukin hpnya ke gue*”

Gue liat hpnya dan tertulis ‘Jalan Gerilya Yogyakarta’.

Mampus! Gue aja baru 3 minggu disini, mana tau yang namanya jalan Gerilya. Kalo tempat yang banyak cewe cantiknya mah gue tau, itu di fakultas ekonomi.

Gue nyoba nyari cara dan gue  bilang ke bulenya
“sek mister.. check in GPS(malu bertanya, ada GPS = gak tersesat di jalan)”

“yeaah.. yeaahh.. its good” bulenya kegirangan

Tapi gak ada angin ada kecoa terbang, tiba-tiba si tukang becak ikutan-ikutan ngomong
“mister.. bla bla bla(mencoba ngomong inggris, tapi jatuhnya maksa)”

Ya jelas si bulenya sewot, orang lagi ribet malah di ajakin ribut
“you dont know everything.. shut up man!”

Huanjir.. serem banget bule kalo sewot.
Tapi si tukang becak mah santai-santai aja gak ngrasa kalo dia itu lagi di marahin. Mungkin dia kira si bule lagi bilang
“kamu ganteng banget sih.. boleh gue cipok gak?”

Oke lupakan -__-

Hp gue loading... sampai akhirnya Cring! Keluar gambar menuju Jalan Gerilya. Tapi jaraknya 5KM(wedan! jauh amat)

“This mister” nunjukin hp gue ke bule yang mukanya kaya homo

“So long mister.. from here to Jalan Gerilya until five kilometers” gue nyoba jelasin

Tapi si bule malah bilang
“yes no problem. I know i know!”

No problem ndasmu.. lu kira tukang becak itu Superman, bisa gowes becak 5km nonstop di tengah terik matahari di tambah lagi harus boncengin 2 orang bule yang badannya gede-gede. Tapi ya udahlah #OrangBuleBebas

habis itu gue bilang sama tukang becaknya
“sampeyang ngetan trus.. sampe ketemu jalan Kolonel Sugiono. Mengko ning kono takon meneh”

*tukang becaknya ngangguk-ngangguk*

Nah habis itu si bulenya mau ngasih gue uang
“take this..”

Tapi berhubung gue ini orangnya suka menolong dan rajin menabung jadi gue tolak aja(padahal pundak kiri gue udah bilang “udah ambil aja.. bisa buat makan ayam 2 hari tuh”)

“no mister.. thank you. I am Ikhlas to help you(gue gak tau b.inggrisnya ikhlas apaan)”

Dan disitu si bule bilang
“thank you.. thank you” berkali-kali.
Gue jadi ngrasa kaya malaikat penolong. gue emang amazing.

|
           
Ada lagi cerita gue tentang orang bule. tapi bukan bule dari eropa atau Asia Sipit(Jepang, China, Hongkong, dll) ini bulenya dari Selangor Malaysia. Tepatnya waktu ospek UGM kemarin, gak tau apa emang gue yang iseng apa emang udah sifat(selalu penasaran). Pas tuh anak lagi makan nasi kotak gue tanyain
“What your name?”

“(dia jawab tapi gue lupa namanya)”

Gue tanya lagi
“you can speak Indonesia?”

“little.. but i can speak Melayu”

“ooh melayu.. like Upin Ipin yes?” (Yang gue tau kalo melayu itu yang kaya di upin ipin)

Trus dia jawab
“what its Upin Upin?” dia tanya balik

“hah! You dont know upin ipin? Serious? Cartoon from Malay man.. two boys kepalanya botak(gue gak tau bahasa inggrisnya kepala botak)”

“ooh.. yes i know. But i dont like Upin Ipin, I never watched it”

“why? Upin ipin is amazing film. I watching it everyday in MNCTV” gue malah promosi

“i dont know.. But i like boboboy”

“wah boboboy.. i know i know. Super hero yes? Can change object to be candy?”

“yes is it”

“Hahaha.. yes yes” (gue ketawa garing aja biar kliatan paham)

Tapi setelah itu gue nyesel udah jadi fans beratnya Upin Ipin. Gila ajaa.. Orang malaysianya sendiri aja gak pernah nonton gue malah doyan banget. kesannya itu “gak cinta banget sama  produk indonesia”. Tapi ya udahlah.. toh masih ada Spongebob Squarepants.

Oya.. lain lagi nih sama anak NTT. asli orang NTT itu klo ngomong cepet banget, kaya punya 2 lidah yang bekerja secara bersamaan.
“beta di sana jalannya sepi sekali.. disana tak ada kereta  bla bla bla..(lanjutannya gak jelas)”


Ketemu juga sama orang Medan, dan yang pertama gue liat dari orang medan(medan asli) adalah kalo ngomong volumenya gak bisa dikecilin(dol).
“halah! Gimana lah kau ini... trus koaar koar koar koar!”

Aah macem-macem lah pokoknya.. tapi dari semua itu gue jadi bisa belajar gimana kita menghargai berbedaan. Dari bahasa, kebiasaan dan tingkah laku berbagai pelosok di indonesia, dan itu keren sekali :)

Friday, September 5, 2014

Ir. Soekarno



Ciee yang udah lebih dari setengah tahun gak nulis gara-gara sibuk nyari perguruan tinggi dan gagal SNMPTN sama SBMPTN Ciee.. Kangen gk? Pasti gak kan? Ya lah udah kliatan -,-

                Oke.. di malam yang indah ini(yang sebenernya biasa aja, tapi gue tulis indah biar kliatan dramatis) gue mau nulis tentang perjuangan gue yang montang-manting cari perguruan tinggi dari bulan Februari sampai bulan Juli, dari IPB sampai UGM, dari SNMPTN sampai UM, dari gak bisa tidur sampai bisa tidur pulas sambil ngorok.

Dan ngomong-ngomong.. alhamdulillah gue sekarang udah lulus SMA. :D jadi sekarang udah resmi jadi yang namanya  MAHASISWA, bukan jadi siswa lagi yang harus pake seragam ke sekolah dan beli es yang harganya 1000 di wadahin plastik trus di sedot pake sedotan warna warni. (emang kalo kuliah gak minum es? Minum sih, cuman wadahnya pake gelas bukan plastik)

trus nilainya gimana? gak usah ditanya lah, gak akan gue jawab. Karna jelek? Bukaan bukan karna jelek, cuman gue gak pengen sombong aja. Kasian adik kelas nanti pada terinspirasi #IyainAjaBiarSeneng. Dan sebagai murid SMA yang normal(gak homo) pasti setelah lulus pertanyaan pertama yang terlintas di pikiran kita adalah “habis lulus mau nglanjutin kemana?”. Nah itu, sebenernya gue sih pengen banget buat......... kawin. Tapi apa daya umur belum nyampe dan duit juga gak punya. ntar istri gue mau dikasih makan apa? Batu krikil sama kecap? Kan kasian.

                Jadi berhubung niat kawin gue hanya tinggal kenangan, jadi satu-satunya pilihan adalah “ LANJUT KULIAH”. Apa itu kuliah? Kuliah adalah saat dimana anda pura-pura jadi orang sibuk. Padahal gak sibuk-sibuk banget(tugas aja cuman nyontek. Habis nyontek pulang ke kos trus tidur).

Lanjut.. setelah pertanyaan pertama udah kejawab sekarang pertanyaan kedua “mau kuliah dimana?”. Buat yang satu ini sih gue udah lama pengen banget masuk Psikologi. Ituloh, ilmu yang ngurusin orang-orang stress. Gak penting banget kan ilmunya? Emang.. tapi gue suka. Gak tau kenapa seneng aja sama jurusan Psikologi. Kalo Psikologi itu cewe aja pasti udah gue pacarin.

                Awal bulan Februari.. Pertama gw nyoba buat daftar PMDK IPB – Jurusan Gizi(nah loh katanya tadi mau ambil Psikologi ko sekarang Gizi? Ya suka-suka gue dong. Gue yang daftar). waktu itu sih gue mikir “ah pasti gak bakalan diterima nih”.
eh taunya beneran! gue gak diterima, setan banget!!

                Mungkin waktu itu allah berusaha nyadarin gue “cah.. cah.. rapotmu itu ancur. Gak usah lah daftar aneh-aneh. Ngaca woy! Ngaca!”. Tapi karna semangat gue nglanjutin kuliah itu bagaikan semangat Ir.Soekarno yang lagi bacain teks proklamasi, akhirnya di SNMPTN gue tetep aja ambil jurusan yang gradenya tinggi, UNS – Psikologi. Dan allah akhirnya menjawab semuanya... gue gagal lagi(setaaann! 2x). lu tau rasanya? Rasanya tuh kaya pengen banget bakar rapot, trus abunya di seduh pake air panas, di kasih gula dan di minum dengan perasaan riang gembira.

                Galau.. pokoknya waktu itu galau banget. Makan ayam goreng aja rasanya kaya tempe(tapi makan tempe rasanya tetep kaya tempe). Mau ngapa-ngapain gak enak(yang enak cuman kalo pacaran). gue harus daftar dimana lagi??? Bener-bener gak tau lagi harus gimana. Tapi ya mending lah waktu itu masih ada tes SBMPTN jadi gue masih agak tenang. Sempet sih mertimbangin buat ambil jurusan yang gradenya lebih rendah.
Tapi semangat Ir.Soekarno gue bilang “Kamu pasti bisa!”. Dan akhirnya setelah gue berpikir dengan keras akhirnya gue nentuin buat ambil  Jurusan Psikologi – Undip di SBMPTN nanti(gak kapok). Dan hasilnya bener-bener luar biasa... gue gagal lagi men!! (Hattrick Kegagalan. Setaaaannn! Si Soekarno nipu gue!!)

                Nah disitulah harapan gue mulai pupus buat sekolah di PTN. Tapi lagi-lagi.. semangat Ir.Soekarno masih aja berkobar dalam jiwa(walaupun udah nipu gue 2x). Setelah gagal di Undip gue beraniin diri buat daftar UTUL(Ujian Tulis) UGM –  ambil 1.Akuntansi SV, 2.Ekonomi SV, 3.Menejemen SV dan Jalur Prestasi UNY – Pend. Sosiologi. kalo gak salah itu 1 minggu setelah pengumuman SBMPTN.

                Tolol sih emang.. di Undip sama IPB aja gak diterima mau-maunya daftar UTUL UGM sama UTUL Prestasi UNY, tapi ya udahlah #OrangGantengBebas. Dan situlah Allah buktiin kalo allah itu emang baik banget men. 


*Flashback*
waktu gue lagi ngerjain soal(waktu itu UTUL UGM soal geografi) pokoknya otak gue udah mentok banget.. gue gak tau apa-apa lagi, yang gue tau cuman “kalo Ayu Ting-Ting itu udah janda”. Nah disaat otak gue udah mulai koslet itulah dengan indahnya orang yang tes depan gue megangin soalnya keatas, ya otomatis gue liat jawabannya kan.. nah dari situ gue mikir “Waah.. mungkin ini malaikat yang di kirimkan Allah SWT buat gue”. Tanpa pikir panjang, langsung aja gue sikat tuh semua jawabannya mentah-mentah.. gue salin semuanya! Huahaha :D  Dan hasilnya? AMAZING! gue masuk Akuntansi SV – UGM. Hahaha :D licik sih tapi itu kan rezeki.

                dan setelah beberapa minggu berlalu... hidup gue udah mulai normal, gue bisa tidur jam 10 malem, dan gak update stastus tiap 5 menit sekali gara-gara galau belum dapet sekolah. Semuanya udah selesai.. semua perjuangan gue buat dapetin sekolah. Tapi sampe sekarang gue masih gak tau apa emang waktu itu lagi bejo atau setan yang nempel di gue udah pada pergi atau mungkin semangat Ir.Soekarno udah merasuk ke dalam jiwa?.

Dan yang lebih aneh lagi.. waktu itu gue iseng ngcek di UNY(Jalur UTUL Prestasi) dan ternyata gue masuk juga di Pend.Sosiologi. asli konyol.. gak percaya aja. Padahal di UTUL prestasi itu penilaiannya pake rapot bukan tes tertulis. orang di PMDK IPB sama SNMPTN aja gagal total, ko di UNY malah masuk? Aneh. Untung lah waktu itu rapotnya gak jadi gue seduh pake air panas.


                Trus akhirnya gimana? Akhirnya gue ambil UGM. walaupun UKTnya 6 juta(UNY 3,8 Juta). Tapi menurut gue prospeknya lebih jelas, dan selain itu juga gue gak bakat jadi Guru, jadi murid aja disekolah cuman tidur sama main kartu(yang dulu SMAnya sekelas pasti tau). gimana kalo jadi guru? Bisa-bisa gue kena karma.

                Tapi dari semua itu gue bisa dapet banyak pelajaran. bahwa sejelek apapun prestasi kita dulu(rapot), sebodo apapun kita(menurut orang lain), selama kita ada usaha kita pasti akan di kasih yang terbaik sama Allah SWT. Ntah keberhasilan itu datangnya dari mana.. bisa dari kepintaran otak, keberuntungan, bahkan dari contekan. Intinya dari semua ini “gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Karna selama itu MUNGKIN, berarti itu BISA”. pertanyaanya tinggal gimana kitanya, Mau atau gak?