Mantan
adalah sebuah kata yang saat kita denger
itu rasanya pengen nangis, bahkan pengen muntah karna sangking jijiknya. Mantan
adalah sumber dari segala sumber.. sumber dari kegalauan, kebencian dan sumber dari keserbasalahan.
Semua hal yang berkaitan sama mantan emang kadang susah buat dilupain. Ingatan
tentang mantan itu kaya semacam virus di komputer, kita pengen hapus tapi gak
tau gimana caranya. kita akan ingat semua kenangan itu trus-menerus.. semua
kejadian yang kita pernah lakuin sama mantan dimasa lalu, dan itu bener-bener
mengganggu.
Setiap
detail kejadian yang kalo dikenang itu kaya film Bollywood waktu Syahrul Khan
kejar-kejaran sama cewenya sambil nyanyi
“Bole
chudiyan, bole kangna
Le
jaa le jaa, dil le jaa le jaa
Indah
bangeet....
Kenangan
yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dan saat semua ingatan itu datang..
itu akan jadi kaya film yang di puter secara slow motion di dalam kepala.
*flashback*
Waktu
lo diajak jalan berdua(sama mantan), diajak makan di McDonald.. duduk
hadap-hadapan(padahal cuman pesen air putih sama beefburger), dia natap mata lo
dalem-dalem, dia pegang tangan lo dan bilang
“aku
sayang banget sama kamu”
“iih,
kamu gombal dech..” jawab cewenya malu sambil goyang-goyangin kepalanya kaya
kena stroke
“nggak
sayang. Aku gak gombal” jawab cowonya sambil megang tangan cewenya makin
erat... makin erat.
“aaa!
Sayaang sakit! Aaa! Sakit banget bego! Lepasiin!” cewenya triak
“eh
ya maap maap sayang.. aku gak sengaja”
Buat
orang yang susah buat move on. Semua kenangan itu kaya sebuah cipokan di leher,
yang membekas tanpa bisa dihapus dan terasa bener-bener menyakitkan Jlebb!
sekali banget.
Orang
yang susah move on hal apapun itu akan jadi serba Mantan. apa-apa mantan,
dikit-dikit mantan. Misal saat kita lagi nongkrong di sebuah tempat makan sama
temen. dan dulu kita pernah makan disitu sama mantan. pasti kita akan bilang(atau
ngomong dalam hati)
“dulu
gue sama dia pernah makan disini.. *trus akhirnya galau keinget masa lalu*”
Bahkan
buat level yang lebih ekstrem, orang yang gagal move on biasanya sering membandingkan
pacar barunya sama mantannya yang dulu. Dan menurut gue itu bener-bener pikiran
yang gak sehat. Saat kita lagi ngobrol berdua sama pacar kita(yang baru), dan
ada satu hal aja yang mirip dari pacar kita(yang baru) sama mantan yang dulu,
kita akan bilang dalam hati
“kamu
kaya mantan aku ya, enak diajak ngobrol” atau
“kamu
kaya mantan aku ya.. suka bercanda”
Bahkan
kalo lagi ribut, masih sempet-sempetnya inget sama mantan..
Cewe
“kamu egois!”
Cewe
“alaaah! Dasar titit kamu!”
Cowo
“apa?!! Titit?? Kamu mau titit? Oooohh.. jadi selama ini kita pacaran kamu
cuman mau titit? Kamu emang jahat. Kamu sama aja kaya mantan aku!”
Mantan
akan trus meracuni pikiran kita kalo kita gak pernah bisa move on. Saat ada
orang yang baru putus dan mau nyari pacar baru. Orang itu akan punya prinsip “cari
orang yang gak mirip sama mantannya” Dan ini beneran terjadi.. aneh.
Mantan
jadi semacam trauma psikologis buat orang yang gak bisa move on. Trauma-trauma
kaya gini biasanya terjadi sama orang yang waktu putus gak pake cara baik-baik,
misal putus karna cowonya selingkuh, tititnya kecil atau diputusin secara
sepihak
“say..
kamu udah beda” cewenya ngomong serius
“beda
gimana say?” cowonya bingung
“kamu
itu udah beda!” jawab si cewe pake nada tinggi
“ya
tapi beda gimana?” cowonya makin bingung
“kita
putus!” si cewe berdiri sambil mlototin mata cowonya
“hah!
Putus? t-t-tapi saaaayy...” si cowo mulai bego
“pokoknya
kita putus! jelas?!” cewenya sewot *gebrak meja*
“Tapi
aku kan butuh penjelasan” cowonya ngeyel
“penjelasan
apa lagi?!! Semua udah jelas. Intinya sekarang kita putus. Paham?” jawab si
cewe sambil mlotot dan deketin mukanya ke cowonya
“iya
iya.. putus. Ampuun say.. ampuun.. iya putus” cowonya pasrah
Mantan-mantan
yang seperti itu yang buat kita trauma buat nyari pacar baru. Dan kita akan
jadi paranoid kronis tingkat dewa, saat kita lagi deket sama orang yang mirip
sama mantan dan temen kita bilang
“eh
pacarin aja.. dia ganteng ko”
Kita
akan jawab
“gak
ah.. dia kaya mantan gue, mukanya mirip. Pasti jahatnya juga sama”
Emang
gak masuk akal tapi gak sedikit juga yang kaya gitu. Kadang semakin sakit
putusnya semakin trauma dan semakin susah juga orang itu buat menemuin cinta
yang baru(terutama buat cewe).
gue
gak begitu paham gimana sifat dasar cewe, tapi buat gue saat cewe udah ngrasain
yang namanya “Cinta Banget” dan dia ngasih semua ke cowonya(perasaan dia,
cinta, sayang dll. bukan tubuh! Pikiran lu ngeres aja.. heran gue).
Saat
cewe udah ngasih semua perasaan dia tapi cowonya malah ngecewain atau mutusin
dia dengan cara yang gak baik-baik. itu akan jadi pukulan keras yang akan
ngrubah cara berpikir cewe itu buat kedepannya. Mungkin cewe yang belum pernah
dikecewain dia akan bilang
“gue
cinta.. ya gue kasih semuanya(cinta, kepercayaan dll)”
Tapi
buat cewe yang udah Hatam, udah wisuda sama yang namanya “kecewa”, “disakitin”,
dan “dibohongin” sama cowo. dia akan merubah cara pandang dia tentang cinta dia
akan sedikit menganggap kalo pacaran itu gak ada gunanya sama sekali(karna dia
pikir cinta itu cuman nyakitin). dia akan merubah cara berpikirnya dari
“kalo
gue cinta.. ya gue kasih semuanya(cinta, kepercayaan dll)”
menjadi
“kalo
cinta ya jangan cinta-cinta banget nanti jatuhnya sakit”
Pertanyaannya..
kenapa mantan bisa sebegitu ngrusak pikiran kita? Sampe kita bisa ngrubah cara
pandang kita tentang hubungan.
Ya
mungkin kita akan bilang
“bukannya
begitu.. cuman biar lebih hati-hati aja kalo jalanin hubungan”
Tapi
masalahnya siapa yang jadi korban nantinya? PACAR LO YANG BARU! Dengan semua
perubahan(pikiran) itu yang seharusnya dia(pacar kita yang baru) bisa dapet
kepercayaan dan cinta yang sepenuhnya, tapi dia malah cuman dapet cinta yang
nanggung. karna kita terlalu hati-hati jalanin hubungan yang akhirnya buat
hubungan itu jadi gak jelas(mau serius apa mau hati-hati trus-trusan).
Menurut
gue kalo memang hubungan itu mau serius ya jalanin dan kasih semuanya ke orang
yang kita sayang(bukan badan, inget!.. pikiran dijaga pikiraaan).
Gak
seharusnya kita jadi gila dan pura-pura waras setelah kita putus sama orang
yang kita sayang(mantan). Dan kalo kita bilang “gak pernah enak yang namanya
ngomongin mantan” mungkin itu karna kita belum bisa move on, tapi kita gak
pernah mengakui itu(karna kita benci). Pada dasarnya kita cuman bisa lupa karna
kita gak nginget, bukan lupa karna kita nglupain.
Mantan
itu gak pernah bisa dilupain. dia pernah jadi orang yang luar biasa dan itu
bukan cuman 1 atau 2 hari. Kita mungkin bisa pura-pura lupa dan kliatan baik
baik aja didepan orang lain. Tapi saat ada orang yang nyinggung tentang mantan,
kita akan sedikit tersinggung dan ngrasa gak nyaman.
“kenapa
sih harus ngomongin dia?”
“kenapa
sih harus inget-inget dia lagi?”
Itu
aneh.. karna kita gak akan pernah lupa(sama mantan) dengan cara semacam itu(diem
dan pura-pura lupa). Mungkin kita akan kliatan baik-baik aja dari luar tapi
sebenarnya kita udah gila karna gagal move on. Kita berusaha buat lupa dengan
cara membenci, dan gak pernah membicarakannya lagi. Tapi nyatanya itu gak
ngrubah apa-apa, karna suatu saat kita pasti akan ditanya sama orang lain atau
membicarakan tentang masa lalu kita(sama mantan). Kita gak akan pernah bisa
lari dari semua ingatan itu.
Mungkin
kita menganggap “kalo mantan itu pelajaran buat kedepan. Biar gak kaya gagal
lagi”
Tapi
nyatanya kita gak pernah mau belajar, kita lebih sering nyari cara gimana MELUPAKAN
dari pada nyari cara biar kita bisa lebih baik kedepannya(dengan cinta yang
baru) dan belajar dari pengalaman cinta yang lama.
Jadi
inti dari semua itu adalah kita gak bisa nglupain yang namanya mantan. Kita
cuman bisa menyingkarkan ingatan tentang dia dengan cara mencari CINTA YANG
BARU. Karna kita gak pernah bisa move on dengan cara diam dan berusaha lupa.
Kita
harus mau nglakuin hal yang lebih baik dari pada harus trus menangisi atau
menggalau tanpa henti. Kita perlu move on dan memulai cinta yang baru(cepat
atau lambat). Cinta yang yang bisa buat kita gak pernah inget apa itu mantan, Cinta
yang baru yang bisa buat kita ngasih semua perasaan kita ke dia sama seperti
saat kita ngasih semua perasaan ke mantan kita yang dulu, cinta yang membuat
kita bisa kembali berpikir positif tentang sebuah hubungan dan berpikir kalo
cinta itu gak selamanya nyakitin.
*Makasih
buat beberapa orang temen gue yang gagal move on dan mau cerita ke gue waktu
SMA, youre inspiration for this blog :)

