Monday, November 23, 2015

Mari Kita Ngeband!


Malam ini kampus gue lagi ngadain acara kumpul bareng antar angkatan. Katanya sih buat saling mengakrabkan antar angkatan. Padahal menurut gue inti acara ini adalah ‘mencari apakah ada adik kelas yang cantik yang bisa dijadiin pacar’. Acaranya sendiri lumayan seru. Ada stand up comedy yang pastinya gak lucu, lebih mirip acara pembulliyan para Komika dibanding acara lawak.

Komikanya nglawak
'Jadi.. cewe itu aneh ya. Dibilang cantik gak mau dibilang jelek marah’

*semua orang diem, komikanya diem. Suasana jadi hening*

Dan tiba-tiba ada orang yang ketawa
‘HAHAHAHA. . Lucu banget lu!’ teriak salah satu senior, menjatuhkan harga diri komika yang malang itu.

Selain stand up comedy yang gak lucu ada juga acara musik yang diisi sama beberapa band. Ada band dari kampus dan ada juga band panggilan dari luar yang tugasnya gak beda jauh sama cewe-cewe panggilan. Dateng, berusaha menghibur dan memuaskan, lalu pulang membawa uang. . sungguh mulia sekali.

Band-band yang tampil diawal gak begitu bagus, gak ada yang bener-bener bisa buat penonton terhibur. Mereka naik panggung dengan tampang sok keren, nyanyiin lagu cinta dan teriak

“ayo semuanya !” teriak si vokalis ngajak nyanyi penonton yang hasilnya penonton cuman diem dan gak ada yang ikut nyanyi.
Kesimpulannya, band-band pembuka ancur lebur dan gagal keren.

Setelah band-band pembuka selesai dengan kegagalan mereka. Panitia naik panggung dan teriak

“Okeee!! Akhirnya kita sampai di puncak acara”

“Band yang akan tampil selanjutnya adalah band kece dari Yogyakarta, keren, dan udah nyiptain lagu sendiri” Ngomong panitia dengan semangat berapi-api.

“Tanpa banyak kata. Kita sambut. . . Batu Ginjal Band! (gue lupa nama bandnya, jadi anggap aja namanya Batu Ginjal Band)”

Gak beda sama band pembuka, Batu Ginjal Band juga bawain lagu-lagu cinta. . tapi bedanya mereka bawain lagunya dengan keren, ganteng, dan tentunya suara yang bagus yang buat penonton cewe teriak-teriak histeris

“Aaaa. . . mas ganteng!”

“Kereeen. . .”

“Aaaa. . mas vokalis!!”

“Aaaa. . . kawinin aku dong mas!” (oke yang ini udah kelewatan)

Batu Ginjal Band perform dengan luar biasa. Setiap selesai nyanyiin lagu semua penoton teriak

“Lagi! Lagi! Lagi!” yang tanpa bisa mereka tolak akhirnya mereka bawain beberapa lagu lagi.

Sangar. . selesai perform mereka turun panggung dan seperti yang udah diduga sebelumnya. Cewe-cewe yang dari tadi teriak-teriak histeris langsung ngrubutin si vokalis. Ada yang minta foto, minta salaman, dan ada juga yang nyubitin pipinya. Oh fuck. . . indah sekali hidup orang itu. Cuman nyanyi-nyanyi doang bisa dikrubutin cewe-cewe.

Dari kejadian itu keesokan harinya gue memutuskan
“GUE HARUS BUAT BAND! Band yang keren yang diidolain banyak cewe, yang setiap manggung banyak cewe yang minta dikawinin. Oh yeaah. . pasti asik”. 

Tapi ngomongin tentang buat band, waktu SMA sebenernya gue sempet beberapa kali ngeband sama temen kelas gue tapi dengan hasil yang sangat tidak ada hasilnya(nah loh, bingung kan?). Salah satu alasannya adalah karena gue penyuka musik rock sedangkan kebanyakan temen ngeband gue adalah pencinta musik pop. Alhasil, tiap kita ngeband kita lebih sering ngributin tentang ‘Lagu apa yang mau kita mainin’ bukan ‘gimana cara kita mengaransemen musiknya’.

“Udaah. . kita mainin lagunya Aerosmith aja” ajak gue

“Jangan lah. Gue gak suka” tolak salah satu temen gue

“Ya udah, Guns N’ Roses deh” gue menawarkan opsi lain

“Itu lagii -__-“ jawab temen gue dengan tampang males

Dari pengalaman buruk itulah gue jadi tau kalo chemistry antar anggota band itu penting, layaknya Lionel Messi dan Andreas Iniesta. Jadi, mulailah gue berkelana mencari temen ngeband yang punya satu selera sama gue. Gue nyari keseluruh penjuru kampus yang biasanya jadi tempat tongkrongan temen-temen gue. Di kantin, parkiran, dan wc gue jelajahi semuanya. Kenapa di wc? Karena ada beberapa temen gue yang mukanya mirip tinja. Jadi saat mereka ngliat eek, mereka akan bilang

“Hey bro. . udah lama ngambang?”

Tapi usaha gue mencari temen ngeband gak juga membuahkan hasil. Beberapa kali gue menawarkan diri ke temen-temen gue layaknya jablay yang gak laku

“Bro, ngeband yuk” gue nawarin diri dengan muka melas

“Ayukk. . kita bawain lagu kangen band ya?” jawab dia

Oh waw! Mendengar jawaban yang sangat spektakuler itu gue langsung deketin mulut gue ke kuping dia dan bilang
“Gue mau ngeband, bukan mau ngrusak harga diri".

Yaa. . Nyari personil band ternyata gak semudah ditolak cewe. Gue hampir nyerah buat nyari temen ngeband. Gue berpikir jangan-jangan pandangan musik gue itu aneh jadi gak ada orang yang mau ngeband sama gue, atau jangan-jangan gue itu manusia yang berbeda titit gue lebih kecil dari pada titit manusia pada umunya. oh fuck. . terkutuklah wahai manusia bertitit besar! 
Gue sempet berpikir buat bunuh diri aja pake baygon, tapi di kos gue adanya HIT akhirnya gue urungkan niat mulia itu.

Saat gue udah mulai nyerah Allah SWT akhirnya membuktikan kekuasaannya. Allah SWT mengirimkan orang yang gue cari selama ini, dialah Budi. Budi adalah manusia paling jago yang pernah gue liat seumur hidup dalam memainkan game Drum Virtual(game drum yang di mainin di Smartphone). Dia bisa bawain lagu Stand By Me – Oasis pake drum virtual dengan mata tertutup, Amazing. . Ajaib sekali! Seakan-akan dia memiliki ikatan yang sangat kuat antara jari-jarinya dan layar smartphone. Dari situ gue merasa bisa memanfaatkan Budi sebagai penabuh drum yang handal diband gue.

“Gue mau buat band. Lu mau gak megang drum? Gue nawarin

“Oke” dia menyanggupi

“Megang doang, gak mainin. Hahaha” gue mencoba nglawak tapi gak lucu

Setelah gue merekrut si budi, pekerjaan mencari anggota band terasa lebih mudah. Selang beberapa hari Budi udah ngajakin Rian dan Prio buat gabung ke band keren yang mau kita buat. Dengan 4 orang ini band impian gue udah lengkap!
Budi sebagai Drummer
Rian sebagai Gitar Melodi
Prio sebagai Bassis
Dan gue sendiri? Sebagi Gitar ritem karena skill bergitar gue gak lebih hebat dari anak SD. Vokalisnya? Vokalis buat gue adalah hal terakhir. Gue pengen band ini punya tujuan hidup dulu, musik apa yang mau kita bawain dan setelah itu baru kita mikirin vokalis (Keren kan gagasan gue? Oh jelas).

Tanpa banyak cing-cong lagi latihan perdana pun kita agendakan. Demi menjadi band keren yang di krubutin cewe-cewe cantik (gue tau itu motivasi yang buruk). Malam ini juga kita latihan! sekitar jam 9 malem kita latihan di studio musik deket kampus. Gue yakin di latihan perdana ini kita bisa nyelesein beberapa lagu, didukung dengan skill ngeband temen-temen gue yang kliatannya udah expert banget sama dunia per-band-nan Tanah Air.
Kita masuk studio. semua anggota duduk dan menempatkan diri di alatnya masing-masing

“Kita mau bawain lagu apa nih?” tanya Prio menyadarkan gue. Hal bego yang kita lakuin. . kita belum nyiapin lagu apapun buat dibawain malam ini, Bego abis!

“Coba bawain lagu Stand By Me(Oasis) aja” saran Budi dari balik simbal drum

“Wokeh. .” jawab gue yang kebetulan hapal chord Stand By Me

“Ntar dulu! gue gak hapal chordnya. Gue cari dulu di google” potong Prio meruntuhkan segala semangat gue buat ngeband

Sambil menunggu si terkutuk Prio nyari chord Stans By Me, Rian nyaranin kita buat bawain beberapa lagu yang dia hapal yang langsung gue iya-kan karena gue juga bingung mau ngapain. Kita bawain beberapa kaya The Rain- Terlatih Patah Hati, SID – Jadilah Legenda, dsb. Yang hasilnya? Ancur lebur!. Selain karena gue yang gak tau chordnya, gak tau liriknya, dan gak tau lagu apa ini ditambah lagi suara drum Budi yang lebih mirip Bedug pengiring Adzan Maghrib dari pada pengiring musik.
‘dum! Dum! Tss! Dum!’ gak jelas.

“Ternyata main drum beneran susah ya, gak kaya drum virtual” Budi ngeles.

Sampe disini gue sadar, kesalahan terbesar dalam hidup gue adalah merekrut Budi sebagai Drummer.

“Udah ketemu nih chordnya” potong Prio memberikan secercah harapan

“Yuk mulai. 1. . 2. . 3!” hitung gue memulai lagu Stand By Me

Semua berjalan lancar sampe kita masuk ke bagian Reff dan gue mulai ngrasa ada yang aneh. Suara bass-nya Prio gak pas!

“Yo, suara bass lu ko aneh ya?”

“Masa sih? G D Am. . . C F D/F# kan?” jawab Prio polos

“Bego, pantesan fals. . yang bener G D Am. . . C Am D G” gue sewot

“Udah udah. . lu pindah ke drum aja. Biar Rian di bass trus Budi di gitar” gue suruh Prio pindah ke drum

Resuffle personil kita lakukan demi keberlangsungan hidup band kita. Kita mulai semuanya dari awal. Dengan hasil yang ternyata sama aja! Gebukan drum Prio lebih ancur dari Budi, Berantakan. Gue udah gak kuat lagi, gue udah mencapai titik dimana gue pengen memasukan tubuh Prio ke bass drum dan mukulin kepalanya pake double pedal sambil bawain lagunya Metallica.


Lagu Metallica

"Youre little shit. . go to hell! go to hel! *prak dum dsst!*"
(ntar dulu, emang lagu Metallica ada yang begitu?)

Latihan pun selesai tanpa hasil apapun. . kita berempat tau kita band yang gagal keren.

Dikrubutin cewe-cewe ternyata gak semudah yang gue bayangin, tapi gue yakin suatu saat nanti gue pasti bisa nglakuin itu. Gue yakin suatu saat gue akan berdiri didepan banyak orang, didepan cewe-cewe yang nyorakin gue

"Aaa. . Fiky"

"Aaa. . Fiky kawinin aku!"

yang tentu akan gue jawab
"oh yeah. .  mari kita kawin"

Yaa. . mungkin semua itu tidak terwujud dengan sebuah band, mungkin dengan sesuatu yang lain. 
Semoga saja :)

Sunday, March 8, 2015

Friendzone


Saat dia butuh seseorang buat diajak jalan lu selalu ada disitu, saat dia sama lu udah seakrab ayam jantan dan ayam betina di musim kawin, saat dimana kalian udah saling memanggil dengan sebutan-sebutan romantis, dan saat dimana dia butuh jemputan lu selalu siap kapanpun. 
Tapi saat ditanya temennya 
“kalian pacaran?”

dia jawab 
“gak ko, kita cuman temen”.

You know what? Its Friendzone, ngeness. . .

Oya, gak kerasa udah masuk tahun ke 3 blog ini gue buat(Desember 2012).. makasih buat yang udah sering baca postingan gue(walaupun kebanyakan karena dipaksa). Maaf karna postingannya gak selalu ada tiap bulan, bukan karna gue sibuk kuliah tapi karena emang gue belum ahli buat nulis-nulis beginian. Jadi kadang diotak udah ada ide tapi pas ngadep komputer semuanya ngilang gitu aja. Jadi mohon dimaklumi J

Kembali ke judul, pertama-tama gue akan jelasin apa itu Friendzone? Banyak pengertian tentang friendzone, beberapa diantaranya adalah
  1. Friendzone adalah keadaan dimana lu sering jalan bareng sama dia tapi dia cuman nganggep lu temen.
  2. Keadaan dimana dia sering curhat. . . . tentang orang lain(yang dia suka) dan lu akan pura-pura tegar nanggepin semua curhatannya. Walaupun hati lu rasanya kaya diparut pake parutan kelapa.
  3. Keadaan dimana lu pengen pacaran sama dia, tapi dia cuman nganggep lu temen, dan lu gak bisa pergi ninggalin dia karena lu udah terlanjur terbiasa sama dia(kemana-mana bareng, butuh apa- apa sama dia) jadi lu takut kalo nembak trus ditolak lu akan temenan lagi sama dia.
Tapi buat gue Friendzone itu mirip sama sembelit(kebelet boker yang menyiksa), lu akan terlihat bolak balik ke kamar mandi buat boker. Tapi pada kenyataannya lu gak nglakuin apa-apa di kamar mandi karena eek lu gak bisa keluar. Begitu juga Friendzone, lu sama dia akan TERLIHAT jalanin hubungan spesial yang pada kenyataannya kalian gak jalanin hubungan apapun alias cuman temen.

Trus bedanya apa sama PHP kan sama-sama di boongin?

Buat gue Friendzone bisa dibilang lebih ngenes dari PHP. Kenapa? Karena di PHP, saat lu sadar kalo lu udah jadi korban PHP, lu akan berpikir 
“Sempak firaun! tau gini dari dulu gue usah deketin dia” dan lu akan pergi nyari orang lain. Sedang Friendzone, walaupun lu tau lu kena friendzone lu akan susah buat berhenti jalanin hubungan itu. Alasannya karena lu udah terlalu terbiasa, terbiasa curhat semuanya sama dia, jalan-jalan sama dia, nonton sama dia, boker dicebokin dia(yang ini terlalu ekstrim), pokoknya apa-apa sama dia. Itu yang buat semuanya jadi serba salah.. saat lu muak di friendzonenin trus dan lu pengen pergi dari dia, akan muncul pertanyaan ‘lu mau perginya kemana?’ Karena lu udah ngrasa nyaman sama dia(walaupun cuman di friendzone) atau mungkin karena gak ada orang lain yang mau sama lu(yang ini kasian).

Banyak alasan kenapa kadang orang gampang banget kejebak sama yang namanya Friendzone. Salah satunya dan yang paling sering jadi alasan orang gampang banget kena Friendzone adalah karena mereka JOMBLO(oke buat jomblo bacanya bisa langsung di skip ke paragraf terakhir, gue gak bermaksud mengingatkan sakitnya jadi seorang jomblo). Kenapa? Kenapa harus jomblo?

Kalo lu pernah jadi Jomblo(atau mungkin sekarang masih jalanin, gue doain semoga awet. amin) lu akan tau seberapa sakit dan ngenesnya kesendirian, lu akan terbiasa dengan arti kata ‘Kesepian’. Ya mungkin banyak jomblo yang gak terlihat kesepian karena mereka punya banyak temen, jadi bisa jalan rame-rame sama temen, liburan rame-rame sama temen. Tapi hatinya? Hatinya kosong kaya jerigen minyak tanah dan alasan kesepian itu yang buat jomblo gampang jatuh cinta dan akhirnya kena Friendzone.

Kalian pasti tau kalo Jomblo itu fakir, fakir belaian lembut kasih sayang. Itu yang buat mereka butuh orang yang (seenggaknya) bisa dijadiin temen. Ntah itu buat diajak jalan, atau sekedar diajak chat. Tapi dari situlah masalahnya muncul.. dari hubungan petememanan yang biasa aja yang lama-kelamaan jadi hubungan pertemanan yang kebablasan dan akhirnya JATUH CINTA. dari yang awalnya cuman nanya kabar berlanjut ke nanya “udah makan apa belum?”. Dari yang awalnya cuman minta tolong buat dianterin beli buku sampe akhirnya pergi jalan-jalan berdua.

Tapi saat mereka nyoba buat nyatain cinta, orang yang mereka cinta cuman jawab
“tapi kita kan temen”. 

Mungkin bener kata orang bijak “usaha tidak selalu membuahkan hasil”. Tapi sakitnya itu men.... dimana-mana!. Itu yang buat Jomblo nganggep friendzone itu udah kaya makanan sehari-hari. Mereka udah hatam sama masalah beginian. Dari mulai awalnya nyari cewe cuman buat sekedar dijadiin temen chat -> lanjut jadi temen deket -> PDKT -> dan kandas gara-gara kena Friendzone -> cape, frustrasi, berusaha move on -> nyari cewe lagi -> deketin lagi -> PDKT lagi -> kena Friendzone lagi. Begitu seterusnya sampe Ayu Ting-Ting kawin sama Limbad.

Trus kenapa orang bisa tega mem-Friendzone-nin orang lain?

Jawabannya mungkin macem-macem, tapi dari yang gue tau ada 2 penyebab kenapa orang tega mem-friendzone-nin orang lain.
  1. Karena emang mereka gak mau pacaran, ntah itu karena niat, trauma karena mantan, atau emang belum nemu yang pas(atau mungkin gak laku).
  2. Karena mereka gak puas sama pacarnya. Oke, jangan mikir jorok dulu “gak puas gimana nih maksudnya? Ecepenyah? Goyangannya kurang mantap atau titit pacarnya kurang gede?”. Oke Gue  saranin bersihin dulu otak lu. Gak puas yang gue maksud disini adalah gak puas karena dia ngrasa gak diperhatiin sama pacarnya, gak pernah diajak jalan-jalan(biasanya buat kaum LDR, njir ini gue), atau mungkin karena pacarnya terlalu sibuk(pacaran lagi sama orang lain).
Dan dari dua alasan itu alasan nomor.2 adalah alasan yang paling Mainstream kejadian di dunia pem-friendzone-nan Indonesia(ngomong apaan, sok sastra). Karena mereka gak puas sama pacarnya, dari ketidakpuasaan itu yang akhirnya buat mereka nyari orang lain buat diajak jalan, nonton, atau diajak chat. Ya emang enak buat yang mem-friendzone-nin(yang udah punya pacar), tapi buat yang di Friendzonenin(yang JONES, yang biasanya cowo)? Yang rela nganterin kemana-mana,  yang rela dijadiin temen chat disaat pacarnya sibuk, yang selalu dengarin curhatan dia tentang pacarnya yang gak pernah perhatian. Coba bayangin coy? Sakit coy.. sakiiiit. Sakitnya udah gak disini lagi, dimana-mana!

Kenapa gue bilang sakit. . . karena gue sendiri pernah ngrasain. *Flashback, dahulu kala*

Dari yang awalnya gue cuman kenal biasa -> mulai ngchat ngobrolin tentang hal-hal yang gak penting kaya nanya
“kamu PRnya udah belum?”

“tadi kamu dapet nilai berapa?”

Sampe akhirnya kita mulai saling perhatian
“kamu belum tidur?”

“belum, kakak sih?(catatan: kakak dan adek adalah panggilan paling mainstream saat PDKT)”

“belum juga, bobo sanah udah malem loh(ya iya lah, lu pikir ini siang -__-)”

Singkat cerita, sampe akhirnya dari semua perhatian dan kepedulian itu gue jatuh cinta. Gue nyoba berani'in diri gue buat ngungkapin apa yang selama ini hati gue pendam(dahsyat!). gue bilang dia
“sebenernya aku sayang sama kamu”

Dan saat itu gue berharap dia akan bls
“sayang gimana maksudnya?”

Tapi. . . harapan tinggalah harapan. Belum juga gue nembak dia udah bls
“sayang? tapi kita kan cuman temen”

FAKIIIIINNNG !!! nasi udah menjadi dubur. gue harus bales apalagi? Apa perlu gue bls
“maaf tadi salah kirim. Kita siapa ya? Apa kita pernah kenal sebelumnya?” gak mungkin, itu ide yang buruk.

Gue cuman bisa diem, jantung gue deg-deg deg-deg gak karuan, rasanya udah kaya ati ayam di dalam kuah soto.. terpotong-potong, hancur tercerai berai.


Tapi dari hal itu gue paham kalo dia cuman deket sama gue karena dia butuh temen. Sedangkan pacarnya sendiri? gak peduli sam peduli sama dia. Tapi dari kedeketan itulah yang buat gue ngrasa nyaman dan akhirnya gue jatuh cinta. Sedangkan dia? Masih tetep menganggap gue sebagai temen.

Cinta emang susah ditebak, kadang di saat kita gak peduli justru orang itu adalah orang yang paling sayang sama kita. sedangkan orang yang kita kejar trus menerus cuman nganggep kita temen. Friendzone sebenernya nunjukin gimana takut dan gak tegasnya kita jalanin hubungan. Takut karena “seandainya gue gak sama dia, gue mau sama siapa lagi?. Dia udah buat gue nyaman banget” dan gak tegas karena kita udah tau cuman dijadiin temen(sedangkan kita pengen pacaran) tapi kita malah masih mau jalanin hubungan itu. Kenapa kita gak berani buat pergi dan nyari orang lain? yang mungkin lebih pantas buat kita. 

Dan jawaban yang paling mainstream adalah. . .
“Karena gue udah terlanjur nyaman sama dia”

Padahal buat gue cinta itu proses.. lu sayang dia saat ini, bukan berarti lu akan sayang sama dia selamanya(kecuali kalo udah nikah, itu beda perkara). Jadi saat orang yang lu sayang cuman nganggep lu sebagai temen, lu nembak gak pernah diterima dan lu akan berpikir “gue bakalan galau seumur hidup”. Itu cuman karena lu gak berani buat pergi dari dia.

"Tapi gue cinta banget sama dia, gimana?"

Pada kenyataannya saat lu berani pergi, suatu saat pasti akan ada orang lain yang bisa buat lu tersenyum lagi. Karena cinta itu proses.. cinta dan sayang ada saat lu udah jalan. Jadi kalo lu buat jalan sama orang lain aja gak bisa trus kapan lu mau jatuh cinta? sampe kapan lu akan trus di friendzone? 

Move on! dan cintailah orang yang lebih pantas.