Sunday, May 8, 2016

Moment

Cinta gak pernah bisa kita tolak. Dateng gitu aja, buat kita bahagia, dan pergi gitu aja tanpa permisi saat kita gagal mendapatkannya. Cinta membuat kita sering berangan-angan sebelum tidur

“seandainya dia mau jadi pacar gue, pasti gue bakalan ajak dia nonton AADC 2 dan pas scene romantis kita akan saling menatap dan kita ciuman.. aahhh indah banget (dan lu meluk bantal guling membayangkan bantal itu adalah dia)”.

Angan-angan yang akan terus menggangu dan lama-kelamaan akan membuat kita sadar bahwa cinta gak seharusnya kaya gitu. Cinta bukan angan-angan, cinta itu nyata, cinta gak seharusnya disembunyikan dan membuat kita jadi orang bego yang cuman bisa bermimpi ciuman saat nonton AADC 2 dan gak pernah ngelakuin apapun untuk merealisasikannya.

Mewujudkan sebuah cinta emang gak semudah balikin pantat(tengkurep trus terlentang). saat kita suka seseorang banyak hal yang membuat kita bingung. Salah satunya adalah pertanyaan

“Apa yang harus gue lakuin pertama kali biar dia suka sama gue?”

Pertanyaan yang mungkin buat anak SMA  itu mudah. Mereka cuman perlu nyari akun sosial media orang yang dia suka(Instagram/ Path. Jangan facebook karena facebook membuat kesan kalo lu adalah orang yang lahir dijaman pra-sejarah), lu follow dia, lu like dan lu koment postingan-postingannya. Bingung mau koment apa? Koment apa aja yang gak penting, pokoknya koment! dan pas lu ketemu dia disekolah lu bilang “statusmu bagus ya kaya gorengan ibu kantin” dan viola!! Lu akrab sama dia dan kalian siap PDKT. Ya emang segampang itu.. tapi diusia gue yang udah menginjak 20 tahun ini, hal itu kayanya gak akan mungkin bisa diterapkan. Di usia ini, gue gak tau kenapa cewe semakin tua semakin menganggap apapun yang dilakukan cowo terhadapnya adalah modus. Semua hal yang dilakukan cowo terhadap cewe akan diterjemahkan sebagai cinta dan itu buat cowo bingung harus melakukan apa untuk memulai sebuah PDKT. Disatu sisi cowo gak pengen dianggap murahan kalo chattingan atau ngobrol sok akrab, tapi kalo gak chatting atau gak ngobrol sok akrab kita gak akan saling kenal. Cewe diumur 20an itu rumit, mereka seakan-akan mempunyai prinsip

“Siapa yang sering ngechat berarti dia naksir”

“Siapa yang suka minta tolong berarti dia modus”

“Siapa yang suka ngajak jalan berarti dia lagi deketin gue”

Ada beberapa temen-temen kampus gue yang terjebak sama hal ini. Kebanyakan dari mereka suka seseorang tapi bingung harus mulai dari mana buat deket dan memulai PDKT. Salah satunya Budi temen ngeband gue, Budi adalah salah satu atlet futsal fakultas yang biasa bolak balik ikut pertandingan dan kebetulan manajer dari tim futsal itu Nisa, cewe satu jurusan gue sama Budi. Semenjak ikut futsal Budi berubah jadi orang yang pengen selalu kliatan rapih dikampus. Sebelumnya Budi adalah orang dekil yang baju kuliah aja harus dibeliin ibunya dan gak mau beli sendiri dengan alasan ‘ntar jelek dan gue gak bisa milih baju’ tetapi semenjak futsal dia jadi sering ke outlet-outlet distro buat beli kemeja, sepatu dan kaos-kaos yang sama sekali gue tau apa bedanya semua pakaian itu sama pakaian yang gue beli dipinggir jalan. Selain itu dia juga mulai sering upload-upload foto sok gantengnya di Instagram. Sampai akhirnya, setelah beberapa bulan dia ikut futsal dan melakukan kebiasaan barunya yang aneh itu dia cerita ke gue

“fik, gue suka sama Nisa. Menurut lu gimana?” tanya Budi serius

“Nisa? Hmm.. boleh juga” jawab gue sok menganalisis

Lalu dengan kecerdasan gue yang luar biasa gue kasih saran ke Budi
“coba lu pura-pura pinjem buku aja! Pinjem buku adalah cara paling efektif untuk mengawali PDKT” saran gue

“buku apaan?” Tanya Budi

“buku pelajaran lah bego” Jawab gue sewot

“buat apa? Gue kan gak pernah belajar” Tanya budi lagi

“cupu! lu gak butuh bukunya, lu cuman butuh ngobrool” Jawab gue dengan penuh pengalaman

“ah gak lah. Gue gak berani” Jawab Budi lesu

“trus lu mau ngelakuin apa buat deketin Nisa?” Tanya gue sinis

“ntar gue coba deketin lewat chattingan aja” Jawab Budi

“lu mau PDKT pake cara anak SD? Chatting-chattingan doang tapi gk pernah ngobrol langsung” jawab gue ceramahin Budi

“biarin lah dari pada gue gagal trus malu” Jawab Budi pasrah

Budi emang orang yang pemalu kalo urusan cewe dibanding temen-temen gue yang lain. Selain karena faktor dia udah menjomblo selama 3 abad(3 semester), juga karena dia pernah gagal deketin cewe dan harga dirinya rusak karena dia udah merengek minta diterima jadi pacar tapi tetep ditolak, Mengharukan banget kan? Akhirnya mulai saat itu dia gak pernah mau lagi deketin cewe dengan cara ekstrim.

“trus lu mau gimana?” tanya gue lagi

“ya udahlah jalanin aja” jawab dia sok bijak

“jalanin gimana.. dia kenal lu aja gak” jawab gue sewot

“oya yah, gue lupa hehe” jawab Budi tiba-tiba bego

Beberapa minggu berlalu dan disuatu pagi yang cerah dengan burung-burung menyanyikan  lagu Guns N’ Roses, gue main PES di kos Budi sambil nunggu kelas Analisis Perencanaan Sistem jam 1 siang nanti.

“Gimana bud si Nisa?” tanya gue ditengah mainin stik PS

“udah chattingan” jawab budi lesu

“wehh.. kemajuan pesat” jawab gue sambil tetap fokus main PES

“tapi kayanya dia gak tertarik sama gue” jawab Budi dengan penuh perasaan

“gak tertarik gimana?” tanya gue penasaran

“ya kita chattingan, saling perhatian tapi dia tetep aja deket sama cowo lain di kampus. Udah jalan juga katanya sama tuh cowo” jawab Budi baper

“wooh.. hidup lu tragis banget ya?” jawab gue ikut prihatin

Kabar tentang naksirnya Budi ke Nisa tersebar dengan cepat ke anak-anak kampus termasuk ke anggota band gue yang lain(Rian dan Adi). But wait, Adi itu siapa? Oke.. Adi adalah anggota band gue yang baru. Buat yang udah baca postingan gue sebelumnya(Judul: Mari Kita Ngeband) pasti tau kalo gue lagi buat band biar jadi orang keren dan terkenal dikalangan wanita tetapi band ini gagal total dan gagal keren karena skill ngeband Prio menghambat perkembangan band ini, skill ngeband Prio yang gak lebih hebat dari ibu-ibu masak nasi goreng membuat band gue gak pernah bisa nyelesein satu lagupun selama latihan. Menyadari skill ngeband Prio yang pas-pasan dan terlalu cupu untuk dipertahankan akhirnya kita memutuskan untuk memecat Prio dan digantikannya sama Adi.

Adi adalah cowo yang lumayan terkenal di kampus. Bukan terkenal karena dia ganteng atau dia atlet profesional tapi karena kelakuan minusnya dikampus. Dia suka nglakuin hal-hal bego dikampus maupun diluar kampus kaya nari-nari didalem lift sambil megang pompom(dari tali rafiah) buat ngagetin adik kelas, tidur cuman pake sempak dengan alasan biar adem, makan indomie dicampur superbubur dengan alasan ‘kayanya enak’, dan masih banyak hal bego lain yang dia lakuin. Tapi terlepas dari itu dia adalah pemain gitar yang handal.

Disuatu malam di warung makan deket kos Adi. Adi nanyain tentang hubungan Budi sama Nisa

“si Budi beneran suka sama Nisa?” tanya Adi disela-sela gue makan Indomie

“iya.. si Budi udah nafsu banget tapi Nisa kayanya gak suka sama dia” jawab gue sambil ngunyah Indomie

 “kasian si Budi padahal menurut gue Nisa gak cantik-cantik banget” jawab adi sok jadi pengamat wajah

“ya menurut gue juga” jawab gue mengamini

“emangnya kenapa?” gue nanya penasaran

“gue mau cerita nih.. tapi lu jangan bilang ke anak-anak kampus” bilang adi serius

“woh woh.. ada apa emang?” jawab gue antusias

“si Nisa deketin gue” jawab adi

“hah?! Serius? Lu mabok kali” tanya gue gak percaya

“nggak lah, serius!” jawab Adi mantap

Nisa sama Adi emang sering keliatan deket  di kampus, ngobrol berdua, saling tanya tentang tugas, dan sering ada di satu kepanitiaan yang sama. tapi gue tetep aja gak percaya kalo Nisa suka cowo yang suka makan Indomie dicampur Superbubur.

“Dia suka lendotan ke pundak gue kalo dikelas. Nanya-nanya gak jelas tentang status hubungan gue, udah punya pacar apa belum. Gitu-gitu lah pokoknya” Adi cerita serius

“trus?” jawab gue makin penasaran

“kemarin dia juga ngajakin gue makan ramen berdua, gue gak mau. Trus dia ngajak gue nonton film tapi gue tolak juga. Gue gak enak sama Budi ntar dikira gue yang ngerusak usaha dia buat deketin Nisa” lanjut Adi

“Bego lu.. seharusnya gapapa diajak nonton. Nonton AADC 2 lah trus pas scene romantis lu tatap mata dia dalam-dalam, lu bilang Aku Sayang Kamu, dan kalian ciuman. oh yeaahh mantap!” jawab gue sambil bayangin Dian Sastro ciuman sama Nicolas Saputra

“gak lah.. gila. Gue gak suka sama Nisa” jawab Adi sewot

Setelah cerita Adi itu gue jadi ngerasa kasihan sama Budi. Dia udah cinta mampus sama Nisa tapi Nisa malah suka cowo lain, Tai kan? tapi emang kenyataan kadang menyakitkan sih. Gue sering pinjem hp Budi buat buka instagram dan setiap gue mau searching cewe-cewe cantik, yang keluar dipencarian terakhir Instagramnya Budi pasti Nisa dan Budi udah kaya gitu sejak awal main futsal sampe sekarang dia tau kalo Nisa gak suka sama dia. Tragis banget coy..


*beberapa hari berlalu*


“fik lu berangkat rapat gak?” tanya Adi lewat LINE

“iyaa” bales gue

Malam itu kita emang ada rapat suatu acara yang diadain anak-anak Akuntansi dan kebetulan gue, Adi, Rian(temen ngeband gue yang lain), dan Nisa ikut kepanitiaan itu. Gue, Adi, dan Nisa ada di divisi yang sama yaitu keamanan. Gue juga gak tau kenapa gue dipilih jadi keamanan padahal kalo ada yang berantempun gue gak akan peduli dan pergi menjauh menyelamatkan diri. Gue masuk tempat rapat, gue duduk paling belakang disamping Ardian.

“yan, si Adi mana?” tanya gue ke Ardian

“gak tau.. tapi itu tasnya ada” jawab Ardian sambil nunjuk tas Adi yang ada dibangku depan

Dan ternyataaa tas Adi ada samping Nisa yang lagi duduk. Hal yang bikin aneh adalah tasnya Adi ada dibarisan kanan(barisan cowo) sedangkan barisan cewe ada disebelah kiri. Kenapa Nisa duduk disitu? Hoho.. tontonan menarik. Disini gue mulai curiga kalo yang ceritain Adi kemarin itu beneran dan dia gak lagi mabok.

“oke gue pindah dulu ya” bilang gue ke Ardian

“oke” jawab Ardian. Lalu gue duduk dibelakang Adi sama Rahma.

Gak lama kemudian Adi masuk kelas dan rapat dimulai. Sepanjang rapat berlangsung pemandangan yang gue lihat adalah gimana Nisa memperlakukan Adi bener-bener kaya pacarnya. Nisa beneran lendotan dipundak Adi layaknya kucing betina di musim kawin

“meooww.. kawinin aku meow!”

Gue colek Adi dan gue bisikin di kupingnya
“mampus lu! makan tuh gebetan orang wehehe”

Adi gak jawab, dia cuman nengok ke arah gue dan masang ekspresi seakan-akan dia mau bilang
“tolongin gueee!! Tolongin gue ya allah!!”

|

|

|

Dan dari situ gue sadar kesalahan yang dilakuin budi. Budi salah memulai semuanya. Budi sama Nisa gak pernah ada disatu kelas yang sama, gak pernah ada di satu kepanitiaan atau organisasi yang sama dan itu buat perjalanan hubungan mereka hanya sebatas chatting. Budi gak pernah berani ngobrol langsung sama Nisa, bahkan ketemu aja Budi udah lari terbirit-birit. Budi menganggap dengan chatting Nisa bisa deket sama dia dan peduli tapi pada kenyataannya gagal total. Kadang cewe emang lebih butuh cowo yang selalu ada secara nyata dibanding cowo yang selalu ada di Whatsapp atau LINE tapi gak pernah ada secara langsung. Sedangkan Adi? dia deket sama Nisa tanpa pernah dia rencanakan, dia gak pernah chatting mesra kaya nyuruh tidur ‘tidur yaa besok kuliah’, nyuruh makan, atau nyuruh cebok setelah boker. Adi sama Nisa adalah temen satu kepanitiaan, satu kelas dibeberapa mata kuliah dan itu buat Nisa jadi sering ngobrol sama Adi yang akhirnya buat Nisa ngerasa nyaman dan hal itu yang gak pernah Budi lakuin ke Nisa.



Kita gak pernah tau apa cinta kita bakalan diterima sama orang suka atau gak dan itulah kenapa kita harus berusaha mendapatkannya. Kebingungan tentang ‘apa yang harus gue lakuin pertama kali saat suka seseorang?’ membuat banyak orang salah langkah saat memulai PDKT. Banyak orang memulai PDKT dengan cara goblok seperti chat

“Hay..”

“Iya hay juga.. ini siapa?”

“Ini Fiky”

“oh fiky.. kenapa fik?”

“gapapa cuman mau chat aja. Hehe”

“oh ya udah” dan semua selesai

Rasa suka seseorang bukan datang dari seberapa romantis chat yang kita kirim atau seberapa sering kita update status di Twitter atau Facebook tentang orang yang kita suka. Rasa suka dan tertarik datang dari kebiasaan dan rasa nyaman yang kita kasih ke dia tanpa kita sadari yang gue sebut itu MOMENT dan suka gak suka cinta selalu butuh moment.

Moment adalah PDKT yang tidak kita sadari. Ketemu, ngobrol, ketawa bareng, hal-hal kecil yang dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama dan dengan orang yang sama membuat kita merasa nyaman dan akhirnya jatuh cinta. Apa kalian pernah berpikir tentang ‘kenapa kita lebih sering jatuh cinta dengan teman satu kelas dibanding jatuh cinta dengan teman kelas lain atau teman dari sekolah lain?” jawabannya adalah karena moment. Moment membuat kita yakin bahwa orang yang baik secara langsung(bertemu) lebih baik dibanding orang yang sepertinya baik(menurut orang lain). moment membuat kita percaya bahwa teman sekelas kita lebih baik dari teman kelas lain karena kita melihat dia setiap hari, kita tau bagaimana sifat dia, dan apa yang dia lakukan setiap harinya.


Cinta tanpa moment seperti mobil tanpa bensin. Kita harus mendorongnya agar mobil itu mau berjalan. Cinta tanpa moment membuat kita bekerja lebih keras untuk mendapatkan cinta tersebut karena kita memulai semuanya dari 0, dari dia tidak kenal kita dan kita tidak kenal dia. Memang indah jika kita berhasil mendapatkan cinta dengan perjuangan keras tapi cinta bukan tentang seberapa keras perjuangan kita saat PDKT tapi cinta adalah tentang seberapa kuat kita bertahan dengan orang sama selama mungkin.