Cinta
gak pernah bisa kita tolak. Dateng gitu aja, buat kita bahagia, dan pergi gitu
aja tanpa permisi saat kita gagal mendapatkannya. Cinta membuat kita sering
berangan-angan sebelum tidur
“seandainya
dia mau jadi pacar gue, pasti gue bakalan ajak dia nonton AADC 2 dan pas scene
romantis kita akan saling menatap dan kita ciuman.. aahhh indah banget (dan lu
meluk bantal guling membayangkan bantal itu adalah dia)”.
Angan-angan
yang akan terus menggangu dan lama-kelamaan akan membuat kita sadar bahwa cinta
gak seharusnya kaya gitu. Cinta bukan angan-angan, cinta itu nyata, cinta gak seharusnya
disembunyikan dan membuat kita jadi orang bego yang cuman bisa bermimpi ciuman
saat nonton AADC 2 dan gak pernah ngelakuin apapun untuk merealisasikannya.
Mewujudkan
sebuah cinta emang gak semudah balikin pantat(tengkurep trus terlentang). saat
kita suka seseorang banyak hal yang membuat kita bingung. Salah satunya adalah
pertanyaan
“Apa
yang harus gue lakuin pertama kali biar dia suka sama gue?”
Pertanyaan
yang mungkin buat anak SMA itu mudah.
Mereka cuman perlu nyari akun sosial media orang yang dia suka(Instagram/ Path.
Jangan facebook karena facebook membuat kesan kalo lu adalah orang yang lahir dijaman
pra-sejarah), lu follow dia, lu like dan lu koment postingan-postingannya.
Bingung mau koment apa? Koment apa aja yang gak penting, pokoknya koment! dan
pas lu ketemu dia disekolah lu bilang “statusmu bagus ya kaya gorengan ibu
kantin” dan viola!! Lu akrab sama dia dan kalian siap PDKT. Ya emang segampang
itu.. tapi diusia gue yang udah menginjak 20 tahun ini, hal itu kayanya gak
akan mungkin bisa diterapkan. Di usia ini, gue gak tau kenapa cewe semakin tua
semakin menganggap apapun yang dilakukan cowo terhadapnya adalah modus. Semua
hal yang dilakukan cowo terhadap cewe akan diterjemahkan sebagai cinta dan itu
buat cowo bingung harus melakukan apa untuk memulai sebuah PDKT. Disatu sisi
cowo gak pengen dianggap murahan kalo chattingan atau ngobrol sok akrab, tapi
kalo gak chatting atau gak ngobrol sok akrab kita gak akan saling kenal. Cewe
diumur 20an itu rumit, mereka seakan-akan mempunyai prinsip
“Siapa
yang sering ngechat berarti dia naksir”
“Siapa
yang suka minta tolong berarti dia modus”
“Siapa
yang suka ngajak jalan berarti dia lagi deketin gue”
Ada
beberapa temen-temen kampus gue yang terjebak sama hal ini. Kebanyakan dari
mereka suka seseorang tapi bingung harus mulai dari mana buat deket dan memulai
PDKT. Salah satunya Budi temen ngeband gue, Budi adalah salah satu atlet futsal
fakultas yang biasa bolak balik ikut pertandingan dan kebetulan manajer dari
tim futsal itu Nisa, cewe satu jurusan gue sama Budi. Semenjak ikut futsal Budi
berubah jadi orang yang pengen selalu kliatan rapih dikampus. Sebelumnya Budi
adalah orang dekil yang baju kuliah aja harus dibeliin ibunya dan gak mau beli
sendiri dengan alasan ‘ntar jelek dan gue gak bisa milih baju’ tetapi semenjak
futsal dia jadi sering ke outlet-outlet distro buat beli kemeja, sepatu dan
kaos-kaos yang sama sekali gue tau apa bedanya semua pakaian itu sama pakaian
yang gue beli dipinggir jalan. Selain itu dia juga mulai sering upload-upload
foto sok gantengnya di Instagram. Sampai akhirnya, setelah beberapa bulan dia
ikut futsal dan melakukan kebiasaan barunya yang aneh itu dia cerita ke gue
“fik,
gue suka sama Nisa. Menurut lu gimana?” tanya Budi serius
“Nisa?
Hmm.. boleh juga” jawab gue sok menganalisis
Lalu dengan
kecerdasan gue yang luar biasa gue kasih saran ke Budi
“coba
lu pura-pura pinjem buku aja! Pinjem buku adalah cara paling efektif untuk
mengawali PDKT” saran gue
“buku
apaan?” Tanya Budi
“buku
pelajaran lah bego” Jawab gue sewot
“buat
apa? Gue kan gak pernah belajar” Tanya budi lagi
“cupu!
lu gak butuh bukunya, lu cuman butuh ngobrool” Jawab gue dengan penuh
pengalaman
“ah
gak lah. Gue gak berani” Jawab Budi lesu
“trus
lu mau ngelakuin apa buat deketin Nisa?” Tanya gue sinis
“ntar
gue coba deketin lewat chattingan aja” Jawab Budi
“lu
mau PDKT pake cara anak SD? Chatting-chattingan doang tapi gk pernah ngobrol
langsung” jawab gue ceramahin Budi
“biarin
lah dari pada gue gagal trus malu” Jawab Budi pasrah
Budi
emang orang yang pemalu kalo urusan cewe dibanding temen-temen gue yang lain.
Selain karena faktor dia udah menjomblo selama 3 abad(3 semester), juga karena
dia pernah gagal deketin cewe dan harga dirinya rusak karena dia udah merengek
minta diterima jadi pacar tapi tetep ditolak, Mengharukan banget kan? Akhirnya
mulai saat itu dia gak pernah mau lagi deketin cewe dengan cara ekstrim.
“trus
lu mau gimana?” tanya gue lagi
“ya
udahlah jalanin aja” jawab dia sok bijak
“jalanin
gimana.. dia kenal lu aja gak” jawab gue sewot
“oya
yah, gue lupa hehe” jawab Budi tiba-tiba bego
Beberapa
minggu berlalu dan disuatu pagi yang cerah dengan burung-burung
menyanyikan lagu Guns N’ Roses, gue main
PES di kos Budi sambil nunggu kelas Analisis Perencanaan Sistem jam 1 siang
nanti.
“Gimana
bud si Nisa?” tanya gue ditengah mainin stik PS
“udah
chattingan” jawab budi lesu
“wehh..
kemajuan pesat” jawab gue sambil tetap fokus main PES
“tapi
kayanya dia gak tertarik sama gue” jawab Budi dengan penuh perasaan
“gak
tertarik gimana?” tanya gue penasaran
“ya
kita chattingan, saling perhatian tapi dia tetep aja deket sama cowo lain di
kampus. Udah jalan juga katanya sama tuh cowo” jawab Budi baper
“wooh..
hidup lu tragis banget ya?” jawab gue ikut prihatin
Kabar
tentang naksirnya Budi ke Nisa tersebar dengan cepat ke anak-anak kampus
termasuk ke anggota band gue yang lain(Rian dan Adi). But wait, Adi itu siapa?
Oke.. Adi adalah anggota band gue yang baru. Buat yang udah baca postingan gue
sebelumnya(Judul: Mari Kita Ngeband) pasti tau kalo gue lagi buat band biar jadi
orang keren dan terkenal dikalangan wanita tetapi band ini gagal total dan
gagal keren karena skill ngeband Prio menghambat perkembangan band ini, skill
ngeband Prio yang gak lebih hebat dari ibu-ibu masak nasi goreng membuat band
gue gak pernah bisa nyelesein satu lagupun selama latihan. Menyadari skill
ngeband Prio yang pas-pasan dan terlalu cupu untuk dipertahankan akhirnya kita
memutuskan untuk memecat Prio dan digantikannya sama Adi.
Adi
adalah cowo yang lumayan terkenal di kampus. Bukan terkenal karena dia ganteng
atau dia atlet profesional tapi karena kelakuan minusnya dikampus. Dia suka
nglakuin hal-hal bego dikampus maupun diluar kampus kaya nari-nari didalem lift
sambil megang pompom(dari tali rafiah) buat ngagetin adik kelas, tidur cuman
pake sempak dengan alasan biar adem, makan indomie dicampur superbubur dengan
alasan ‘kayanya enak’, dan masih banyak hal bego lain yang dia lakuin. Tapi
terlepas dari itu dia adalah pemain gitar yang handal.
Disuatu
malam di warung makan deket kos Adi. Adi nanyain tentang hubungan Budi sama
Nisa
“si
Budi beneran suka sama Nisa?” tanya Adi disela-sela gue makan Indomie
“iya..
si Budi udah nafsu banget tapi Nisa kayanya gak suka sama dia” jawab gue sambil
ngunyah Indomie
“kasian si Budi padahal menurut gue Nisa gak
cantik-cantik banget” jawab adi sok jadi pengamat wajah
“ya
menurut gue juga” jawab gue mengamini
“emangnya
kenapa?” gue nanya penasaran
“gue
mau cerita nih.. tapi lu jangan bilang ke anak-anak kampus” bilang adi serius
“woh
woh.. ada apa emang?” jawab gue antusias
“si
Nisa deketin gue” jawab adi
“hah?!
Serius? Lu mabok kali” tanya gue gak percaya
“nggak
lah, serius!” jawab Adi mantap
Nisa
sama Adi emang sering keliatan deket di
kampus, ngobrol berdua, saling tanya tentang tugas, dan sering ada di satu
kepanitiaan yang sama. tapi gue tetep aja gak percaya kalo Nisa suka cowo yang
suka makan Indomie dicampur Superbubur.
“Dia
suka lendotan ke pundak gue kalo dikelas. Nanya-nanya gak jelas tentang status
hubungan gue, udah punya pacar apa belum. Gitu-gitu lah pokoknya” Adi cerita
serius
“trus?”
jawab gue makin penasaran
“kemarin
dia juga ngajakin gue makan ramen berdua, gue gak mau. Trus dia ngajak gue
nonton film tapi gue tolak juga. Gue gak enak sama Budi ntar dikira gue yang
ngerusak usaha dia buat deketin Nisa” lanjut Adi
“Bego
lu.. seharusnya gapapa diajak nonton. Nonton AADC 2 lah trus pas scene romantis
lu tatap mata dia dalam-dalam, lu bilang Aku Sayang Kamu, dan kalian ciuman. oh
yeaahh mantap!” jawab gue sambil bayangin Dian Sastro ciuman sama Nicolas
Saputra
“gak
lah.. gila. Gue gak suka sama Nisa” jawab Adi sewot
Setelah
cerita Adi itu gue jadi ngerasa kasihan sama Budi. Dia udah cinta mampus sama
Nisa tapi Nisa malah suka cowo lain, Tai kan? tapi emang kenyataan kadang menyakitkan
sih. Gue sering pinjem hp Budi buat buka instagram dan setiap gue mau searching cewe-cewe cantik, yang keluar
dipencarian terakhir Instagramnya Budi pasti Nisa dan Budi udah kaya gitu sejak
awal main futsal sampe sekarang dia tau kalo Nisa gak suka sama dia. Tragis
banget coy..
*beberapa hari berlalu*
“fik lu berangkat rapat gak?” tanya Adi lewat LINE
“iyaa”
bales gue
Malam
itu kita emang ada rapat suatu acara yang diadain anak-anak Akuntansi dan
kebetulan gue, Adi, Rian(temen ngeband gue yang lain), dan Nisa ikut
kepanitiaan itu. Gue, Adi, dan Nisa ada di divisi yang sama yaitu keamanan. Gue
juga gak tau kenapa gue dipilih jadi keamanan padahal kalo ada yang berantempun
gue gak akan peduli dan pergi menjauh menyelamatkan diri. Gue masuk tempat rapat,
gue duduk paling belakang disamping Ardian.
“yan,
si Adi mana?” tanya gue ke Ardian
“gak
tau.. tapi itu tasnya ada” jawab Ardian sambil nunjuk tas Adi yang ada dibangku
depan
Dan
ternyataaa tas Adi ada samping Nisa yang lagi duduk. Hal yang bikin aneh adalah
tasnya Adi ada dibarisan kanan(barisan cowo) sedangkan barisan cewe ada
disebelah kiri. Kenapa Nisa duduk disitu? Hoho.. tontonan menarik. Disini gue
mulai curiga kalo yang ceritain Adi kemarin itu beneran dan dia gak lagi mabok.
“oke
gue pindah dulu ya” bilang gue ke Ardian
“oke”
jawab Ardian. Lalu gue duduk dibelakang Adi sama Rahma.
Gak
lama kemudian Adi masuk kelas dan rapat dimulai. Sepanjang rapat berlangsung
pemandangan yang gue lihat adalah gimana Nisa memperlakukan Adi bener-bener
kaya pacarnya. Nisa beneran lendotan dipundak Adi layaknya kucing betina di
musim kawin
“meooww..
kawinin aku meow!”
Gue
colek Adi dan gue bisikin di kupingnya
“mampus
lu! makan tuh gebetan orang wehehe”
Adi
gak jawab, dia cuman nengok ke arah gue dan masang ekspresi seakan-akan dia mau
bilang
“tolongin
gueee!! Tolongin gue ya allah!!”
|
|
|
Dan
dari situ gue sadar kesalahan yang dilakuin budi. Budi salah memulai semuanya.
Budi sama Nisa gak pernah ada disatu kelas yang sama, gak pernah ada di satu
kepanitiaan atau organisasi yang sama dan itu buat perjalanan hubungan mereka
hanya sebatas chatting. Budi gak pernah berani ngobrol langsung sama Nisa,
bahkan ketemu aja Budi udah lari terbirit-birit. Budi menganggap dengan
chatting Nisa bisa deket sama dia dan peduli tapi pada kenyataannya gagal total.
Kadang cewe emang lebih butuh cowo yang selalu ada secara nyata dibanding cowo
yang selalu ada di Whatsapp atau LINE tapi gak pernah ada secara langsung. Sedangkan
Adi? dia deket sama Nisa tanpa pernah dia rencanakan, dia gak pernah chatting
mesra kaya nyuruh tidur ‘tidur yaa besok kuliah’, nyuruh makan, atau nyuruh cebok
setelah boker. Adi sama Nisa adalah temen satu kepanitiaan, satu kelas dibeberapa
mata kuliah dan itu buat Nisa jadi sering ngobrol sama Adi yang akhirnya buat
Nisa ngerasa nyaman dan hal itu yang gak pernah Budi lakuin ke Nisa.
Kita
gak pernah tau apa cinta kita bakalan diterima sama orang suka atau gak dan
itulah kenapa kita harus berusaha mendapatkannya. Kebingungan tentang ‘apa yang
harus gue lakuin pertama kali saat suka seseorang?’ membuat banyak orang salah
langkah saat memulai PDKT. Banyak orang memulai PDKT dengan cara goblok seperti
chat
“Hay..”
“Iya
hay juga.. ini siapa?”
“Ini
Fiky”
“oh
fiky.. kenapa fik?”
“gapapa
cuman mau chat aja. Hehe”
“oh
ya udah” dan semua selesai
Rasa
suka seseorang bukan datang dari seberapa romantis chat yang kita kirim atau
seberapa sering kita update status di Twitter atau Facebook tentang orang yang
kita suka. Rasa suka dan tertarik datang dari kebiasaan dan rasa nyaman yang
kita kasih ke dia tanpa kita sadari yang gue sebut itu MOMENT dan suka gak suka cinta selalu
butuh moment.
Moment
adalah PDKT yang tidak kita sadari. Ketemu, ngobrol, ketawa bareng, hal-hal
kecil yang dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama dan dengan
orang yang sama membuat kita merasa nyaman dan akhirnya jatuh cinta. Apa
kalian pernah berpikir tentang ‘kenapa kita lebih sering jatuh cinta dengan
teman satu kelas dibanding jatuh cinta dengan teman kelas lain atau teman dari
sekolah lain?” jawabannya adalah karena moment. Moment membuat kita yakin bahwa
orang yang baik secara langsung(bertemu) lebih baik dibanding orang yang
sepertinya baik(menurut orang lain). moment membuat kita percaya bahwa teman
sekelas kita lebih baik dari teman kelas lain karena kita melihat dia setiap
hari, kita tau bagaimana sifat dia, dan apa yang dia lakukan setiap harinya.
Cinta
tanpa moment seperti mobil tanpa bensin. Kita harus mendorongnya agar mobil itu
mau berjalan. Cinta tanpa moment membuat kita bekerja lebih keras untuk
mendapatkan cinta tersebut karena kita memulai semuanya dari 0, dari dia tidak
kenal kita dan kita tidak kenal dia. Memang indah jika kita berhasil mendapatkan cinta dengan perjuangan keras tapi cinta bukan tentang seberapa
keras perjuangan kita saat PDKT tapi cinta adalah tentang seberapa kuat kita
bertahan dengan orang sama selama mungkin.
